Pengadilan Negeri Tangerang Ketuk Palu Buruh FSBN Tak Bersalah

Tangerang, Indonesia Berita – Puluhan buruh anggota dari Federasi Serikat Buruh Nusantara (FSBN), yang berapiliasi dengan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), melakukan aksi solidaritas terhadap dua rekannya yang tidak bersalah di depan Pengadilan Negeri (PN), Tangerang, Selasa (24/17), kemarin.

Mereka melakukan solidaritas terhadap rekannya dan memprotes dugaan kasus pencurian sepatu reject yang melibatkan kedua rekannya di PT KMK Global Sport bernama Suprapti dan Nurbaiti. Dalam persidangan tersebut, sempat terjadi insiden gesekan denga aparat dikarenakan massa aksi yang bersolidaritas tidak diperbolehkan untuk masuk, dan kemudian hakim memutuskan dua anggota buruh FSBN tidak bersalah.

Pasalnya, keduanya telah lama bekerja sekitar 12 tahunan disalah satu perusahaan besar yang memproduksi sepatu bermerk Nike di Jalan Cikupa Mas Raya, Kabupaten Tangerang.

Baca Juga : Pemotongan Upah Sepihak, FSBN KASBI Adukan PT SIU Ke Pengawasan , Buruh Tuntut Revisi Kenaikan Upah, Gubernur Banten Kabur

Menurut Sobirin Sekertaris Umum FSBN mengatakan “Nurbaiti dan Suprapti hanya dituduhkan mencuri sepatu reject. Faktanya barang sepatu sejenisnya masih ada diperusahaan alias tidak dicuri oleh terdakwa. Selain itu, seharusnya perusahaan bisa menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan dan tidak sampai di Pengadilan. Makanya kawan-kawan dari FSBN ikut terlibat mengawalnya dan bersolidaritas sesama buruh” Ujar Sobirin saat dihubungi Via Whatsapnya.

FSBN KASBI menilai jika selama ini, dua rekannya tebekerja diperusahaan secara baik, patuh dan beretika hanya saja selama ini tidak ada pemantauan di dalam kinerja mereka.

 

Penulis : Carly

Editor : Bondan AP