Pengurus KORNAS Lebak Banten Dukung KASBI Dalam Perjuangkan Upah Buruh

Jakarta, Indonesia Berita – Aksi Konfederasi KASBI di Patung Kuda siang tadi, Senin (30/10/17), yang diikuti dari tiga wilayah di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat yang menuntut pencabutan PP 78 Tahun 2015.

Salah satu yang ikut solidaritas dalam aksi tersebut adalah Mohamad David, Pengurus Komite Rakyat Nasional (Kornas), Kabupaten Lebak, Banten yang juga aktif di Komunitas Kopi Lebak. Ia mengaku terpanggil untuk bersolidaritas terhadap kaum buruh dalam memperjuangkan hak-haknya. Terutama dalam menuntut kenaikan upah di tahun 2018.

Selain itu, ia juga merasa kecewa terhadap pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap pekerja yang menjadi korban kebakaran di Pabrik Petasan.

“Ini adalah bentuk dukungan saya terhadap kaum buruh yang memperjuangkan upah. Selain itu, dalam peristiwa kebakaran terhadap 48 pekerja di Tangerang. Salah satu korban adalah kawan saya yang tinggal di Kabupaten Lebak bernama Asef Angga Gunawan (66 tahun), dan saya merasa kehilangan. Dalam bekerja, Ia juga tidak mendapatkan keselamatan dan kesehatan kerja dari perusahaan ” ujarnya.

David juga sering kali terlibat membantu pendampingan terhadap masyarakat miskin yang tidak mempunyai Jaminan Sosial di Kabupaten Lebak. Ia mengatakan bahwa momentum aksi nasional KASBI sebagai ajang konsolidasi bagi gerakan rakyat untuk bersatu dan bergandengan tangan dalam setiap perjuangan hak rakyat.

“Tentunya kita tidak bisa berdiam diri dan mengharapkan kehadiran pemerintah, kita butuh kekuatan rakyat untuk merebut keadilan itu. Terutama dalam memperjuangkan upah, dan keselamatan kerja,” Ujar David.

Lebih jauh ia menilai, pemerintah harus lebih tegas, terutama dalam melakukan pengawasan terhadap pengusaha yang tidak memberikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Hal itu, agar kejadian yang menimpa terhadap 48 korban termasuk salah satunya kawan saya tidak terulang lagi” Sambungnya.

Pada kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih terhadap KASBI yang telah memberikan dukungan terhadap para korban kebakaran di Tangerang. Bahkan rencananya KASBI juga akan membuka posko di depan PT. Panca Buana Sukses. Hal itu bentuk solidaritas terhadap kaum buruh.

Penulis : Moh Jumri

Editor : Bondan AP