Menjadi Referensi Mendunia

Kabid Penanggulangan Fakir Miskin Pandeglang Ajukan Penambahan Bantuan Bagi RTLH

Pandeglang, Indonesia Berita  Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Pandeglang telah memberikan bantuan bagi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Menurut Sucy Kardin Kepala Bidang Penanggulangan Fakir Miskin mengatakan, ada 368 Kepala Keluarga (KK), mereka telah menerima bantuan dari Dinsos. Sedangkan untuk sisa bantuan di tahun ini akan dimasukan ke dalam perubahan anggaran 2017, karena target bantuan untuk RTLH di tahun ini, yaitu berjumlah 450 KK, Rabu, (8/11/17), di Pandeglang.

Pihak Dinsos sendiri berharap untuk kuota yang menerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni di tahun 2018 bisa ditambah. Dimana hal itu, merupakan sebagai salah satu bentuk nyata dalam memperkecil kemiskinan yang ada di Kabupaten Pandeglang. Namun itu semua kembali lagi pada kondisi keuangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),dan juga hasil verifikasi data dilapangan.

Menurut Sucy Kardin ”Sisa kuota bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yang belum disalurkan akan dimasukan ke perubahan anggaran tahun 2017. Jumlahnya sekitar 82 KK. Untuk sementara kita tanguhkan dulu pencairannya, dikarena kan datanya pas diverifikasi masih belum lengkap. Hal itu karena ada administrasinya belum lengkap, seperti data KTP nya yang belum sesuai dan ada keluarga yang telah pindah. Selain itu, ada juga keluarga yang sudah meninggal, tapi nanti hal itu bisa digantikan oleh pihak ahli warisnya,” ungkap Sucy.

Sedangkan untuk data warga Pandeglang yang mendapatkan bantuan diperoleh dari Desa dan Kecamatan, Setelah itu pihak Dinsos melakukan verifikasi pendataan terhadap warga yang telah diajukan. Kemudian disamakan dengan kondisi rumah. Sehingga bantuan tersebut bisa tepat sasaran. Untuk bantuan dalam per KK nya sekitar Rp.5 juta.

Sucy menambahkan ”Dari Dinas Sosial sendiri selalu melakukan pendataan ke lapangan, bahkan kami melihat ada sejumlah keluarga yang tinggal atau menempati rumah yang memang termasuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni. Akan tetapi sungguh disayangkan, rumah yang ditempati mereka ternyata Diatas tanah milik orang lain , atau bukan milik pribadi. Sehingga keluarga tersebut tentu saja tidak bisa menerima manfaat dari program stimulan rehab rumah. Hal itu, tentu bisa menjadi usulan kita kedepan untuk diajukan” ujarnya.

Penulis : Jumri

Editor : Bondan AP

Komentar
Loading...