Menjadi Referensi Mendunia

Hiu Langka Ditemukan Di Laut Algarve Portugal

Foto : BY OPENCAGE (HTTP://OPENCAGE.INFO/PICS.E/LARGE_13408.ASP) [CC BY-SA 2.5 (HTTPS://CREATIVECOMMONS.ORG/LICENSES/BY-SA/2.5)], VIA WIKIMEDIA COMMONS. (IndonesiaBERITA.com)
Lisbon,  Indonesia Berita – Ilmuwan menemukan Hiu langka yang hidup sekitar 80 juta tahun yang lalu di  Portugal.

Hiu ini tanpa sengaja terjaring jala para ilmuwan yang sedang melakukan penelitian di laut lepas Algarve.

Para ilmuwan percaya bahwa hiu berjumbai tetap sama, baik di dalam maupun di luar, sejak Zaman Kapur, saat Tyrannosaurus Rex dan Triceratops masih menjelajahi planet ini. Makhluk itu, yang dikenal oleh ilmuwan Chlamydoselachus anguineus.

Penghuni laut dalam ini biasanya ditemukan di antara 390 dan 4.200 kaki di bawah permukaan, itulah sebabnya mengapa jarang terlihat dan bahkan belum ditemukan sebelum abad ke-19 (meski sudah lama ada manusia).

Hiu yang tertangkap ini berukuran sekitar lima kaki panjangnya, tapi panjangnya bisa sampai sekitar enam setengah kaki. lapor IFL Science. Studi lain tentang hiu langka ini menunjukkan bahwa hiu berjumbai memiliki masa kehamilan terpanjang dari makhluk hidup manapun, 42 bulan.

Namanya mungkin terdengar tidak sesuai untuk binatang yang berenang di laut dalam, tapi seperti Mental Floss menjelaskan hiu berjumbai diberi nama sesuai insangnya. Hampir semua hiu lainnya memiliki insang yang terpisah, tapi sepasang insang pertama hiu berjumbai yang membentang sepanjang tenggorokannya. Secara total, hiu ini memiliki enam pasang insang yang memiliki tepi “berenda”.

Hiu ini juga memiliki bentuk mulut yang unik. Rahangnya memiliki lebih dari 300 gigi yang dilapisi rapi dalam 25 baris, yang menurut profesor Margarida Castro dari Universitas Algarve, dirancang khusus untuk membantunya “menjebak cumi-cumi, ikan dan hiu lainnya dengan cepat,”

Sumber : www.newsweek.com

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...