Lhokseumawe, Indonesia Berita – Dua mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, ditahan di Lapas Kelas IIA, Lhokseumawe, Aceh. Mereka pun saat ini sedang diadili oleh Pengadilan Negeri (PN) Lhokseumawe.

Keduanya mahasiswa itu adalah Muji Al-Furqan dan M. Rusdi. Mereka ditangkap dan ditahan pasca demo Mahasiswa di Kantor Bupati Aceh Utara, Rabu (25/5/2017) lalu. Saat itu, para mahasiswa berdemo menuntut pemerintah terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhokseumawe- Aceh Utara yang belum memiliki kejelasan pasti, dan Transparansi Penggunaan dana desa di kabupaten Aceh Utara.

Karena merasa kesal tidak digubris oleh sejumlah pejabat menimbulkan kericuhan antara mahasiswa dengan petugas hingga menyebabkan kaca pintu samping Kantor Bupati pecah.

“Hari itu ada 12 orang mahasiswa ditangkap dan diboyong ke Mapolres Lhokseumawe. Setelah dilakukan pemeriksaan delapan orang diperbolehkan pulang dan empat orang lainnya ditahan di Mapolres selama 24 jam,” kata koordinator Forum Bersama Mahasiswa Aceh Utara-Lhokseumawe, Munzir Abe dalam keterangannya, Kamis (16/11/2017).