Menjadi Referensi Mendunia

Aksi Solidaritas Buruh Karawang Untuk Buruh PT. Sayap Mas Utama

Karawang, Indonesia Berita – Puluhan buruh Karawang, Selasa (28/11/17), melakukan aksi solidaritas terhadap buruh PT. Sayap Mas Utama (PT. SMU) yang sedang melakukan mogok kerja di Jalan Tipar Cakung Jakarta Timur. Perusahaan yang memproduksi sabun tersebut tidak membayar sisa upah di bulan Febuari 2017.

Dukungan para buruh yang ada di Karawang ini, diberikan kepada para rekanya yang tergabung kedalam Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), hal itu dilakukan karena buruknya pihak perusahaan yang tidak menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Solidaritas tersebut juga bertujuan agar persoalan yang menimpa para buruh PT. SMU bisa segera selesai dan tidak berlarut-larut. Tidak hanya itu para buruh juga membentangkan poster tuntutan agar penerapan Perjanjian Kerja Bersama (PKB), di PT. SMU diterapkan disetiap Depo yang ada.

Ulas Irvan Kordinator Aksi Buruh Karawang mengatakan, ”Keadaan Depo di berbagai daerah didorong oleh perusahaan-perusahaan dan isi peraturannya sangat tidak berpihak terhadap buruh. Jika tuntutan rekan kami tidak dipenuhi, maka kita juga akan melakukan mogok,” ujar Irvan.

Hal serupa juga ditambahkan Dayat Ketua Serikat PT. Dream Sentosa Indonesia, ”Kami juga akan melakukan solidaritas untuk aksi jika tuntutan kawan kawan buruh PT. SMU di Cakung tidak dipenuhi, dimana posisi pabrik yang ada di Cikampek sangat strategis terutama bisa menyebabkan kemacetan bila nanti melakukan aksi,” ungkap Dayat.

Aksi solidaritas buruh yang tergabung dengan Konfederasi KASBI tidak hanya dilakukan oleh pabrik di Depo Cikampek, tapi juga telah diikuti di berbagai Depo, seperti Depo Subang, Depo Garut, Depo Cileunyi serta Depo Tanggerang. Hal itu sebagai bentuk perjuangan bersama (sesama) buruh dalam merebut kesejahteraan.

Penulis : Umartopo

Editor : Moh Jumri

Komentar
Loading...