Menjadi Referensi Mendunia

Menaker Letakan Batu Pertama Perumahan TKI Di Ponorogo

Ponorogo, Indonesia Berita – Dalam rangka peringatan Hari Buruh Migran Internasional, 18 Desember 2017, Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri melakukan kunjungan kerja ke Ponorogo.

Pada acara perayaan ini, Hanif Dhakiri melakukan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti pembangunan Perumahan TKI di Kelurahan Cokromenggalan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo.

Perumahan TKI ini dirintis oleh para TKI yang tergabung dalam Perkumpulan Peduli Buruh Migran yang secara kolektif menginvestasikan gajinya selama bekerja di luar negeri.

Usaha yang dilakukan para pahlawan devisa ini dapat dijadikan contoh bagaimana memanfaatkan upah yang diperoleh selama bekerja di luar negeri secara bijak dan tidak konsumtif.

Mereka memilih mengelola uang gajinya dengan melakukan investasi untuk membangun perumahan TKI dan membantu buruh migran lainnya agar dapat membeli rumah dengan harga terjangkau.

Menurut Koordinator Perkumpulan Peduli Buruh Migran, Lily Pujiati, rencananya akan dibangun 500 unit rumah dengan tipe 36 dan tipe 45.

“Untuk rumah dengan tipe 36 akan dijual seharga Rp 172 juta. Sedangkan untuk rumah tipe 45 akan dijual seharga Rp 250 juta” ujar Lily

Lanjutnya, uang muka yang disyaratkan adalah Rp 10 juta dan pekerja migran dapat memiliki rumah dengan angsuran sebesar Rp 900.000 setiap bulannya.

“Pembangunan 500 unit rumah TKI ini akan dimulai dengan 50 unit rumah sebagai pilot project. Dari 50 unit rumah tersebut, sebanyak 30 unit sudah terpesan” ungkap Lily

Sambung Lily menyampaikan, sebagai tahap awal, pembangunan perumahan TKI ini akan membutuhkan waktu sekitar enam bulan.

“Pembangunan perumahan TKI kali ini adalah proyek kedua. Sebelumnya telah dibangun perumahan TKI yang dimulai pada tahun lalu dan berlokasi di Kabupaten Madiun” kata Lily

Tambahnya, dari target pembangunan sebanyak 350 unit di Kabupaten Madiun, hinggat saat ini telah selesai dibangun sebanyak 132 unit dan sudah terjual.

Dalam kesempatan ini, Hanif Dhakiri juga menyerahkan secara simbolis 132 kunci rumah di Madiun kepada TKI purna dan keluarganya. Pada saat yang sama turut diserahkan Penghargaan Aparatur Desa Peduli Pekerja Migran Indonesia kepada tiga orang aparatur desa.

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...