Kartu memori dengan ukuran yang lebih besar pun akhirnya dibuat. Ternyata yang memproduksi bukan produsen memori beken, seperti SanDisk, Kingston, atau Transced.

Produsen tersebut bernama Integral, sebuah perusahaan storage digital asal Inggris. Mereka mengumumkan akan merilis kartu microSD berkapasitas 512 GB pada Febuari 2018. Jika sesuai rencana, Integral bisa mengklaim sebagai produsen pertama di dunia yang memproduksi microSD sebesar itu.

Sebelumnya, rekor microSD berkapasitas terbesar dipegang oleh SanDisk di pertengahan September lalu. Keberadaan microSD buatan Integral itu otomatis menggeser SanDisk ke posisi kedua.

Tidak hanya berkapasitas lebih besar, wadah penyimpanan  mikro besutan Integral ini sudah mendukung transfer data cepat.

Kartu memori Integral ini adalah SDXC UHS-I U1 yang sudah mendukung standar Video Speed Class V10. Kecepatan tulis kartu MicroSD Integral ini menembus angka 10 Mbps dan kecepatan bacanya 80 Mbps.

Meski begitu, kecepatan baca kartu ini masih lebih rendah dibandingkan mikroSD 400 GB milik SandDisk, seperti dikutip KompasTekno dari BGR, Kamis (25/1/2018).

Integral belum mengumumkan harga microSD ukuran jumbo ini secara resmi. Jika membandingkan dengan microSD 400 GB milik SandDisk yang dibanderol dengan harga 249.99 dolar AS (sekitar Rp 3,1 juta), mikroSD Integral 512GB diprediksi sedikit lebih mahal.

Meski belum kompatibel dengan sejumlah ponsel keluaran anyar, chip penyimpanan eksternal ini bisa digunakan untuk perangkat masa depan. Sebut saja Samsung Galaxy S9 yang dirumorkan dapat menambah kapasitas penyimpanan hingga 512 GB.

Sumber : Kompas.com