Menjadi Referensi Mendunia

Pengurus DPD FBN Pandeglang Dilantik

Pandeglang, Indonesia Berita – Sebanyak 31 Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Bela Negara (FBN) Kabupaten Pandeglang dilantik oleh Brigjen TNI (Purn) Abdul Salam. Proses pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Garuda Pendopo Pemkab Pandeglang, Kamis siang, (25/1/2018).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Letkol Lukito yaitu salah seorang perwakilan dari Kementerian Pertahanan RI. Pada kesempatan itu, turut hadir TB.Ali Nurdin Qursy (pembina), Ketua DPW FBN Propinsi Banten, serta H.Rebo Muhidin, Sekkertaris Jendral FBN Pusat dan penjabat pemkab Pandeglang.

Dalam sambutan pidatonya Abdul Salam mengungkapkan agar peserta selalu menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

“Kewajiban untuk menjaga NKRI bukan hanya tanggung jawab semata bagi TNI saja, namun seluruh elemen masyarakat mempunyai kewajiban untuk ikut berpartisipasi secara total.” kata Abdul Salam.

Abdul memgungkapkan kondisi saat ini, bukan dalam situasi perang, akan tetapi seluruh warga Indonesia harus tetap bersatu secara bahu membahu dalam mengisi kemerdekaan dengan memposisikan diri sebagai pelaku utama untuk membangun negeri.

“Kita harus berpartisipasi dalam berbagai bidang, baik itu politik , ekonomi, sosial, budaya, bila perlu menjadi teknokrat yang handal untuk mengimbangi perkembangan zaman. Sehingga Bangsa Indonesia tidak jauh tertinggal dibanding dengan bangsa lainnya” ungkapnya

Selanjutnya Abdul Salam menambahkan organisasi masyarakat (ormas) FBN ini mempunyai misi yaitu terciptanya ketahanan nasional yang kokoh dan dinamis agar mewujudkan NKRI bersatu berdaulat, adil dan makmur. Sedangkan untuk visinya ialah untuk membangun kesadaran bela negara bagi setiap komponen bangsa yang dilandasi rasa nasionalisme yang mempersatukan dan memberdayakan segenap komponen kekuatan bangsa dalam upaya memantapkan sikap kritis. Selain itu, perlu juga sikap progresif untuk mengatasi segala persoalan yang dapat mengancam integritas dan identitas nasional, sehingga bisa menggali untuk menyiapkan dan mengembangkan potensi sumber daya nasional dalam kemajuan bangsa.

“Hal yang lebih penting ialah agar para anggota dan pengurus FBN diseluruh (NKRI) Negara Kesatuan Republik Indonesia harus memiliki ahlakulkarimah. Selain itu, kita juga harus berperilaku yang bisa memberikan contoh suri tauladan bagi bangsa. Sehingga dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela.” ujarnya.

Hal senada, dikatakan Letkol Lukito, Dimana dalam sejarah perjuangan kemerdekaan ratusan tahun lalu, orang Banten banyak berpartisipasi terutama di pada waktu Kesultanan Hasanudin hingga beberapa Sultan lainnya seperti Nyi Ageng Serang, Maulana Yusuf, Tirtayasa dan beberapa tokoh Banten lainnya.

“Pada sekarang, saya mengajak para pengurus dan anggota FBN untuk terus berjuang dalam mengisi kemerdekaan. Salah satunya dengan berkarya nyata di berbagai bidang. Selain itu, kita juga harus menghindari Narkoba, sebab narkoba adalah musuh kita semua, semoga para pengurus maupun anggota FBN Kabupaten. Sehingga bisa menjadi garda terdepan sebagaimana yang diharapkan bangsa dan negara Indonesia” tegasnya.

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...