Indonesia Berita – Pasca insiden ucapan berkonten rasis tahun 2017 lalu, kabar YouTuber asal Swedia PewDiePie lama tak terdengar. Namun kini, YouTuber beken itu kembali dibicarakan lantaran sebuah pencapaiannya.

Berdasarkan kicauan yang disebarkan melalui akun Twitter PewDiePie, channel YouTube pria bernama asli Felix Kjellberg itu sudah memiliki lebih dari 60 juta subscriber.

Jumlah pengikut kanal YouTube PewDiePie meroket dalam sebulan terakhir. Pada akhir 2017 lalu, PewDiePie baru memiliki sekitar 58 juta subscriber.

Capaian ini sekaligus membawa PewDiePie sebagai pemilik channel YouTube dengan jumlah subscriber terbanyak di dunia, dikutip KompasTekno dari Dexerto, Kamis (25/1/2018)

Naiknya jumlah pelanggan channel PewDiePie disebut lantaran belakangan ini Felix selalu memuat konten yang lebih mendidik pada sejumlah videonya. Inilah yang membuatnya mendapatkan banyak subscriber.

Memulai karir di kanal YouTube sejak tahun 2010, Felix kemudian dikenal sebagai superstar YouTube dengan penghasilan cukup besar. Pembawaannya yang kocak dan menyenangkan membuat jumlah pengikut kanal YouTube-nya meningkat pesat.

Hingga akhir tahun 2016, karir Felix kian bersinar. Prestasi tersebut lantas membuat perusahaan besar seperti Disney untuk menjalin kerja sama secara eksklusif. Ia bahkan tidak pernah absen mengisi konten penutup tahun yang dibuat oleh YouTube, YouTube Rewind.

Namun semenjak unggahan video berbau SARA yang menjadi viral bulan September tahun lalu, PewDiePie kehilangan kontaknya dengan Disney. Langkah tersebut juga diikuti oleh YouTube.

Gara-gara insiden tersebut, YouTube juga  memutuskan untuk tidak lagi mensponsori Felix pada acara yang disiarkan melalui YouTube Red. Season kedua dari acara Red yang bakal ditayangkan dalam waktu dekat juga dibatalkan.

Tidak hanya sampai di situ. Kanal video PewDiePie yang dirintisnya sejak tahun 2010 bahkan tidak lagi terdaftar di rekomendasi Google kala itu. Alhasil, PewDiePie lantas melakukan protes dengan menghapus akun keduanya “JackSpeticeye2” yang memiliki pelanggan sekitar satu juta subscriber.

Meski sudah meminta maaf atas insiden tersebut, YouTube tampaknya belum mau berhubungan dengan Felix. Sebab, batang hidung pemilik channel PewDiePie itu tidak terlihat dalam video YouTube Rewind 2017. Padahal sebelumnya pemuda yang menguasai tiga bahasa ini tidak pernah absen.

Menurut keterangan yang diutarakan melalui video yang diunggah di kanalnya, YouTube memang sengaja tidak mengundang pemuda yang kini tinggal di Inggris itu.

Sepanjang karirnya ia banyak menyuguhkan konten hiburan. Terutama review tentang sejumlah game yang direkomendasikan pengguna. Bahkan, kebanyakan dari game yang sudah diulasnya menjadi populer.

Namun semenjak insiden SARA yang menimpanya September lalu,Felix tampaknya sedikit mengubah konten videonya. Meski konten hiburan seperti gaming, komedi, dan vlog masih tetap ada, Felix kerap menyuarakan opini pribadinya tentang keprihatinan terhadap sejumlah konten yang tidak layak.

Sebagai info tambahan, Felix pernah mengulas game horor berjudul DreadOut yang dibuat oleh pengembang game Indonesia, Digital Happiness.

Sumber : Dexerto/Kompas.com