BPJS Ketenagakerjaan Serang Prioritaskan Ajuan Klaim Ibu Hamil

Serang, Indonesia Berita – Kantor Cabang Serang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenaga Kerjaan memberikan antrian khusus bagi peserta yang hamil ataupun sedang mempunyai balita saat mengajukan klaim Jaminan Hari Tua-nya. Hal itu, demi memberikan pelayanan yang lebih baik dengan memprioritaskan ibu-ibu hamil atau yang sedang memiliki balita akan dilayani terlebih dahulu dibanding dengan peserta klaim JHT lainnya.

“Sempat khawatir karena datang agak siang, tapi bisa langsung dilayani ” , ujar Aryani sambil mengendong anaknya di ruang tunggu pelayanan Kantor Cabang Serang BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan dan kenyamanan kepada peserta yang mengajukan klaim di Kantor Cabang Serang.

Menurut Kabid Pelayanan Kantor Cabang Serang BPJS Ketenagakerjaan Teguh Setiawan,

Kantor Cabang Serang BPJS Ketenagakerjaan rata-rata dalam satu hari menerima sebanyak 200 berkas ajuan klaim Jaminan Hari Tua. Setiap berkas ajuan klaim yang tidak lengkap akan langsung dikembalikan dan mendapatkan informasi kekurangan berkas yang harus dipenuhi.

“Berkas klaim JHT baru kita proses jam delapan pagi, yang tidak lengkap langsung kita beri catatan dan dikembalikan” , terang Kabid Pelayanan Kantor Cabang Serang BPJS Ketenagakerjaan Teguh Setiawan, Kamis (8/2/2018).

Baca Juga : Ambil Nomor Antrian JHT, Peserta Harus Dari Subuh

“Tak sampai jam sembilan, berkas sudah diproses dan saya disuruh pulang, tinggal nunggu transferan di rumah,” kata Arina Oktapiana mantan pegawai perusahaan Sumber Alfaria Trijaya.

Keterbatasan kapasitas waktu operasional pelayanan klaim Jaminan Hari Tua , disiasati oleh Kantor Cabang Serang dengan membuat layanan SPO (service point office). Yaitu bekerja sama dengan beberapa beberapa kantor bank seperti Bank BJB, Bank BTN, dan Bank BNI yang dapat melayani klaim JHT tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan juga membuka Kantor Cabang Perintis pada empat wilayah yaitu KCP Serang-Cikande, KCP Cilegon, KCP Rengkasbitung- Lebak, dan KCP Pandeglang-Labuan.

Teguh menambahkan bahwa alternatif lain, BPJS Ketenagakerjaan menghimbau kepada peserta untuk menggunakan fasilitas elektronik klaim (e-klaim) JHT.

“Gunakan fasilitas klaim online, sehingga tidak perlu datang dan antri pagi-pagi”, tambah teguh

BPJS Ketenagakerjaan Serang Prioritaskan Ajuan Klaim Ibu Hamil

Penulis : Mohamad Rohim

Editor : Yakobus Eko