Indonesia Berita – Presiden Joko Widodo secara resmi diusung partai PDI-P yang dinahkodai Megawati Soekarno Putri sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Memang ada sejumlah nama yang diusulkan, baik itu dari internal PDIP maupun dari eksternal partai untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) Jokowi nanti. Nama Jusuf Kalla Pun sempat diusulkan beberapa kader inti untuk kembali mendampingi Jokowi.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Hendri Satrio mengakui sejauh ini ada empat nama ekonom yang bisa mendampingi calon petahana tersebut.

“Kalau dari ekonom, namanya yang enggak banyak. Nama pertama yang pantas adalah Rizal Ramli,” kata Hendri Jumat (23/2/2018) seperti dirilis RMOL.co.

Nama kedua, lanjut pendiri lembaga survei KedaiKopi itu adalah pengusaha Chairul Tanjung. Nama ketiga, adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. Menurut Hendri meskipun ia seorang gubernur, namun TGB paham soal isu-isu ekonomi. Sementara nama terakhir adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

“Kalau nama empat nama itu yang paling pantas,” kata Hendri.

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan dari keempat nama tersebut ada dua sosok yang akan dianggap bisa nyaman bekerja oleh Jokowi.

“Dua nama yang bisa nyaman bekerja dengan Jokowi adalah Rizal Ramli dan TGB,” demikian Hendri.

Pendapat sama dilontarkan pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie menurutnya Rizal Ramli punya kans lebih besar ketimbang para ekonom dan enterpreneur di Indonesia misalkan, Chaerul Tanjung dan Bambang Brojonegoro.

Jerry menilai untuk ekonomi makro dan mikro dalam perspektif ekonomi maupun hulu dan hilir serta fiskal maka Rizal adalah figur yang cukup paham betul.

“Secara implisit dan eksplisit ekonom yang mampu mengembalikan economic growth (pertumbuhan ekonomi) yang saat ini berada di kisaran 5,07 persen sampai akhir Desember 2017 lalu, tak lain Rizal Ramli. Saya optimis beliau mampu mendongkrak GNP maupun PRDB di daerah,” ujar Jerry.

Memang ada nama Sri Mulyani yang menjadi saingan utama tapi untuk ekonomi secara keseluruhan Rizal lebih unggul.