Modern technology gives us many things.

Pelaku Pemalsu Ijazah Palsu dibekuk Polres Serang

Serang, Indonesia Berita  Polres Serang Kota menangkap pelaku pemalsuan ijazah palsu SMA dan S1, di Kramatwatu, Kabupaten Serang. Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, saat ekspos, di Mapolres Serang Kota, Kota Serang, Rabu (7/3).

Selain ijazah palsu, pelaku berinisial AW, TH dan SS ini memproduksi KTP, SKCK, Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga palsu. Barang bukti berhasil diamankan, berupa 120 stempel dengan instansi berbeda, satu unit leptop, mesin laminating, 33 lembar hologram, blanko KTP, 5 KTP asli dan ijazah palsu untuk kepentingan produksi dokumen palsu.

“Menurut pengakuan pelaku, ijazah palsu ini untuk kelulusan dari sebuah universitas dan sekolah. Tarif bervariasi dari 700 ribu sampai 1 juta rupiah, biasanya juga untuk melamar pekerjaan,” terangnya, Rabu (7/3).

Pemalsuan ijazah palsu ini, banyak yang memesan dari berbagai daerah, diantaranya Lampung, DKI Jakarta, Bandung dan Sumatra.

Sedangkan tarif dokumen palsu lainnya, mulai dari 200 ribu sampai 700 ribu rupiah. Dokumen kelengkapan seperti KTP, Akta Keluarga, kata Komarudin biasanya untuk persyaratan cicilan kendaraan bermotor.

“Pelaku mendapat bahan. Pesan langsung. Termasuk yang bersangkutan mengecek data atau ijazah aslinya. Mengorder kertas dengan jenis kertas yang sama,” ungkapnya.

Tutur Komarudin, dalam sehari, pelaku bisa memproduksi 6 produk berbagai jenis dokumen. Bila dikalkulasikan dengan jumlah keuntungannya cukup banyak. “Masih kami dalami nama-nama pelaku, tidak menutup kemungkinan akan berkembang dan bertambah seiring dengan proses pengembangn penyelidikan yang kami lakukan.”

Pelaku dijerat Pasal 263 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), dengan hukuman penjara paling lama 6 tahun.

Penulis : Anton Sutompul

Editor : Jum

Komentar
Loading...