Modern technology gives us many things.

Polda Malut Sosialisasi Mengenai Masalah Dana Desa

Indonesiaberita.com, Ternate – Polda Maluku Utara menggelar sosialisasi Korps Binaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan (Korbinmas Baharkam) polri tentang pedoman pencegahan, pegawasan dan penanganan masalah dana desa di Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan ini digelar di Gedung Bank Indonesia Regional Maluku Utara, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara, pada Selasa (13/3/2018).

Sosialisasi tersebut dihadiri sejumlah pejabat daerah serta petinggi Polda Malut dan Babinkamtipmas Polsek se-Kabupaten/Kota.

Wakapolda Malut, Kombes Pol. Lukas Arry, dalam sambutanya mengatakan penanganan atas dana desa yang cukup besar, termasuk di Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga: AHM Rivai Disambut Ratusan Masyarakat Tubo

“Ini harus dipahami oleh kita semua bagaimana kalau ada penyimpangan terkait dengan dana desa tersebut. Oleh karenanya, meyakinkan masyarakat bahwa dana desa itu untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat desa,” imbuhnya.

Orang nomor dua di Mapolda Malut itu melanjutkan bahwa keberadaan Babinkamtibmas itu sendiri jumlahnya cukup besar, yaitu 1081 sehingga perlu mendapat sentuhan dari pusat.

Sementara itu, kombes Pol Ricky F. Wakanno mengatakan bahwa pihaknya wajib memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar bekerja sama.

“Itu yang kami sampaikan kepada kepala-kepala desa, kepala dinas dan Babinkamtibmas,” ujarnya.

Baca Juga: AHM Mendukung Legu Gam 31 Maret Nanti

Ricky menambahkan, saat ini pemerintah pusat telah meluncurkan dana desa sekitar 60 triliun untuk tahap pertama di bulan Maret agar membangun secara baik dan tidak ada lagi masyarakat yang miskin.

“Masyarakat tidak ada lagi yang bertindak ke suatu tempat ke tempat lain yang akhirnya jadi penganguran” paparnya.

Disinilah dikembangkan secara swakelola agar masyarakat bisa mandiri dengan dana yang telah diberikan oleh negara melalui APBN, melalui Bupati, Walikota dan melibatkan kepala desa,” tutupnya.

Editor: Zeki

Komentar
Loading...