Indonesiaberita.com, Taliabu – Proyek Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di Jl. Rusmin Nuryadi, Desa Bobong. Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Taliabu, Provinsi Maluku Utara, yang telah diselesaikan di tahun 2014 sampai sekarang belum pernah dinyalakan.

Kepala Desa Bobong Muhdin Soamole saat ditemui di Kantor Desa, Mengatakan selaku Pemerintah Desa kami Juga ikut prihatin dengan kondisi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tak kunjung menyala yang dimana berada diwilayah kerja Pemerintah Desa Bobong.

“Fungsi Lampu (PJU) di jalan raya sangat penting mengingat aktifitas kendaraan dimalam hari yang mulai tinggi, sehingga perlu adanya antisipasi untuk meminimalisir kecelakaan dengan mulai menyalakan lampu (PJU).” imbuhnya

Lanjut Muhdin bahwa fungsi lampu (PJU) juga bisa berdampak pada segi ekonomi di masyarakat setempat.

“Jika dengan dinyalakan lampu (PJU) jalan dalam kondisi terang maka masyarakat bisa melihat peluang ekonomi keluarga dalam hal ini bisa menyewakan tempat atau membuka usaha sendiri (warung sembako dan makanan).” lanjutnya.

Masih menurut Muhdin informasi yang sementara didapat bahwa kondisi lampu (PJU) yang belum bisa dinyalakan disebabkan daya yang dimiliki pihak PLN belum memadai untuk siap dinyalakan sehinga kondisi ini dibiarkan saja.

“Kondisi lampu (PJU) yang belum bisa dinyalakan disebabkan daya yang dimiliki pihak PLN belum memadai untuk siap dinyalakan sehinga kondisi ini dibiarkan saja.” ungkapnya

Dirinya berharap secepatnya penangan dari Dinas terkait dikarenakan kondisi ini sudah terlalu lama dan diprediksi berkepanjangan.

“Seharusnya pembangunan yang ada dan telah selesai harus bisa dinikmati oleh masyarakat kami selaku Pemerintah Desa Bobong menaruh harapan sekiranya ada tindakan lanjut baik dari Pemda maupun dinas terkait.” harapnya.

Penulis : Andy

Editor : Yakobus Eko