Modern technology gives us many things.

Bangun Kerja Sama Dengan Alfa dan Indomart, Warga Menilai Itu Bisa Matikan Pengusaha Lokal

Indonesiaberita.com, Pandeglang –Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan menjalin kerjasama dengan Indomart. Tujuan Pemkab menjalin kerjasama tersebut untuk menjual produk lokal. Sehingga mucul tanggapan dari warga bahwa kerja sama itu bisa membunuh para pedagang lokal kecil yang ada di Pandeglang.

Bupati Pandeglang Irna Nurlita, mengatakan pentingnya kerja sama, karena saat ini di Pandeglang sendiri sudah banyak menghasilkan produk lokal yang dihasilkan dari setiap desa, hal inilah yang mendorong Pemkab untuk menjalin kerja sama dengan Indomart dan Alfa. Tujuannya agar bisa mempromosikannya.

“Warga di sini sangat kreatif , kalau dipasarkan tentu ekonomi kerakyatan akan maju.”kata Irna saat bertemu dengan Manager corporate social responsibility (CSR), Jumat (16/18) di Pendopo.

Menurut Irna, untuk menarik pembeli, Pihak Indomart atau Alfa Mart akan menginformasikan kepada pelanggan akan keberadaan produk lokal yang ada di Indomart.”Bisa dipasang standing banner atau disampaikan oleh kasir yang jaga,”ungkapnya.

Baca Juga : Diduga Terlibat Korupsi, Tiga Anggota DPRD Pandeglang Diperikasa Kejari , 501,587 Jiwa Pandeglang Masih Kategori Miskin

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pemerhati Sosial Banten (PSB), Moh Suryadi mengatakan seharusnya Bupati Irna Nurlita memberikan memperhatikan terhadap para pedagang kecil dan kelas menengah yang ada di daerahnya.

Sidebar banner ads

“Dari pada bekerja sama dengan Indomart dan Alfa Mart atau perusahaan lain yang mempunyai modal besar. Tapi sedikit penyerapan dalam pendapatan, lebih baik membina dengan memberikan pelatihan untuk mengembangkan usaha lokal dengan diberikan modal tanpa bunga, hal itu agar meningkatkan pendapatan ekonomi di Pandeglang. Bukan mematkan mereka lewat dengan kerja sama dengan pengusaha yang bermodal besar.”kata Suryadi.

Dikatakan Suryadi, Pelatihan itu tentu akan meningkatkan perekonomian sejumlah warga Pandeglang termasuk daya beli,

“Kalau bekerja sama dengan Indomart dan Alfa seberapa besar positinya, malah yang ada akan memaikan pengusaha lokal yang modalnya pas-pasan. Seperti usaha warung kecilan karena pasar memilh berbelanja di Indomart dan Alfa.”ungkapnya.

Kritikan juga muncul dari salah seorang Warga Pandeglang, Gilang Eka bahwa menjalain kerja sama dengan Indomart itu tidak masuk akal, dimana nantinya akan mematikan pedagang kecil di Pandeglang.”Perusahaan waralaba di Kota besar pun memang selalu ada, tapi kalau bisa, waralaba seperti Indomart dan ALfa, tapi itu harus dibatasi.”tungkasnya.

Penulis : Asep WE

Editor : Jumri

Komentar
Loading...