Indonesiaberita.com Pandeglang– Bupati Irna Narulita membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019, yang diselenggarakan di Pendopo, Selasa (27/18).

Kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2019 dihadiri pula oleh Forkopimda, Sekretaris daerah Fery Hasanudin, Kepala Bappeda Provinsi Banten, para Kepala OPD, Perwakilan BUMD dan perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Pandeglang.

Dalam sambutanya Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan pelaksanaan Musrenbang RKPD sebagai wadah untuk menyatukan gagasan/ide dalam rangka merencanakan pembangunan Kabupaten Pandeglang untuk tahun 2019, maka dari itu pelaksanaan Musrenbang ini merupakan upaya penajaman dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sejak tahap awal mulai dari Musrenbang di Desa, Kecamatan, dan Koordinasi SKPD.

”Oleh sebab itu usulan dan gagasan yang disampaikan oleh masyarakat harus menjadi prioritas utama bagi kebutuhan masyarakat, sehingga dapat memberikan rumusan yang konstruktif dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang lebih baik,”katanya.

Dikatakan Irna, dalam hal ini perencanaan yang berkualitas harus memiliki prinsip partisipatif yaitu masyarakat yang akan memperoleh manfaat dari perencanaan, serta prinsip kesinambungan yang berarti, perencanaan tidak hanya berhenti pada suatu tahap.

“Akan tetapi harus berlanjut sehingga menjamin adanya kemajuan dalam pembangunan yang berkelanjutan serta memiliki prinsip terbuka dan transparan,”ujarnya.

Baca Juga : Bupati Irna Ajak Masyarakat Budayakan Pola Hidup Sehat , Pesan Irna Kepada Masyarakat Maja Agar Bersatu Padu Ciptakakan Kondusifitas Daerah

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang Kurnia Satriawan mengatakan tujuan diselenggarakannya Musrenbang dalam rangka untuk penetapan, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Tanto Warsono Arban sebelum menutup kegiatan musrenbang RKPD menyampaikan “Setiap kemajuan ekonomi daerah ditentukan dari titik awal perencanaan,”ujarnya.

Pada pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2019 diserahkan penghargaan bagi Instansi Pemerintah yang telah berhasil menyelenggarakan Musrenbang Kecamatan dengan baik, penghargaan tersebut diberikan kepada Kecamatan Kaduhejo juara terbaik pertama, juara terbaik kedua jatuh kepada Kecamatan Cimanuk dan Kecamatan Sumur sebagai juara terbaik ketiga.

Penulis : Kom Santi

Editor : Yakobus Eko