Indonesiaberita.com Pandeglang– Bupati Irna Narulita membuka kegiatan lomba bercerita bagi anak- anak pelajar tingkat Sekolah Dasar Se- Kabupaten Pandeglang. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Rabu (28/3), Sebanyak 32 Sekolah Dasar Se-Kabupaten Pandeglang ikut berpartisifasi dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Irna Narulita sangat mengapresiasi kegiatan itu, dimana semua peserta diberikan kebebasan membawa cerita yang berasal dari cerita rakyat dalam rangka mengembangkan budaya lokal.

“Tentunya untuk bisa bercerita mereka harus banyak membaca. Sekaligus mereka akan semakin mengenal cerita-cerita rakyat yang ada di daerah ini juga mengenal nilai-nilai budaya dengan tujuan untuk melahirkan para pemimpin cerdas,”ujarnya.

Dikatakan Irna, lomba bercerita merupakan tempat bagi anak didik kita untuk menyalurkan kreatifitasnya, melalui bercerita para generasi muda bisa mendapatkan banyak pengalaman, sehingga mampu meningkatkan kemampuan dan menggali potensi agar lahir para generasi emas yang bisa membawa bangsa ini kearah yang lebih baik.

“Saya harap semua pihak untuk terus merawat budaya minat membaca, karena dengan membaca dapat mengubah masa depan yang lebih cerah”terangnya.

Baca Juga : Bupati Irna Ajak Masyarakat Budayakan Pola Hidup Sehat

Sementara itu, Kasi pemberdayaan gemar membaca Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Siti Septiana Miratunisa mengatakan lomba ini salah satu tujuan mendorong adik-adik menjadi gemar membaca, karena semakin banyak membaca maka wawasan semakin luas.

“Lomba bercerita juga sebagai ajang seleksi untuk mencari wakil Kabupaten Pandeglang di ajang yang sama tingkat Provinsi dan nasional,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Provinsi Banten Siti Erna Erwan Kepala Bagian Umum Setda Puji Widodo, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Didit, dewan guru serta para orang tua para peserta lomba bercerita Se-Kabupaten Pandeglang.

Penulis : Kom Santik

Editor : Jum