Indonesiaberita.com, Yogyakarta – Mengutip kalimat Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta, “Kebudayaan tidak dapat dipertahankan saja, kita harus berusaha merubah dan memajukan, oleh karena kebudayaan sebagai kultur, sebagai barang yang tumbuh, dapat hilang dan bisa maju.”

Penguatan kebudayaan menjadi kunci kemajuan suatu bangsa. Usaha-usaha mewarisi kekayaan budaya harus terus dilangsungkan dari generasi ke generasi, salah satunya dengan cara mengemas nilai-nilai budaya tradisi dalam satu konsep yang baru dan berbeda.

Berangkat dari hal tersebut, nikah bareng indonesiana yang akan berlangsung kali ini bertajuk “BHAGOLEK DI TANAH JAWA” Pergelaran upacara perhikahan adat Riau.

Sejarah mengatakan bahwa Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu. Riau sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki budaya melayu yang cukup kental dan mengakar. Bahasa Indonesia yg kian tumbuh seakan tidak di ikuti oleh pertumbuhan dan kemajuan eksistensi budaya melayu.

Baca Juga: Presiden Tegaskan Pentingnya Pelestarian Nilai Budaya Adiluhung

Budaya dan pergelaran adat yang biasanya kental dalam acara-acara pernikahan ini yang melandasi pemikiran bahwa mempertahankan dan menumbuhkan kebudayaan dapat ditunjukan dalam tradisi pernikahan.

Semakin modernnya suatu zaman juga mempengaruhi Indonesia membawa pergeseran pada upacara-upacara pernikahan. Dari situ timbul pemikiran bahwa modernisasi upacara pernikahan yang mulai meninggalkan dan mengkerdilkan kebudayaan nusantara harus di lawan.

“Kali ini pada kesempatan yang sangat istimewa ini, kami mendapat kesempatan yang luar biasa untuk mempertontonkan kemegahan budaya melayu di tanah penuh berkah ini,” ujar RM Riyan Budi Nuryanto, dalam siaran persnya, Rabu, (28/3/2018).

Ia menambahkan, “Melalui BHAGOLEK DI TANAH JAWA kami sebagai generasi muda penerus bangsa ingin membuktikan slogan dari datuk nenek moyang kami yang telah mengakar di bumi lancang kuning, Takkan Melayu hilang di Bumi, Takkan pancasila dikalahkan zaman,”

Baca Juga: Pria Ini Youtuber Terbanyak di Dunia

Riyan selaku panitia pelaksana juga menyampaikan sekaligus menutup prakatanya, untuk informasi lebih lanjut terkait kepesertaan nikah berang dapat menghubunginya secara langsung di nomor 08157908232.

Editor : Rizki Abadi