Indonesiaberita.com TANGERANG – Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bicara tentang akademik, tapi harus menekankan pada unsur spiritual. Hal itu dijelaskan langsung oleh Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH), Jonathan L Parapak MEng Sc dalam acara UPH Youth Leaders Forum 2018, Sabtu (7/4) di Grand Chapel UPH Lippo Village, Kabupaten Tangerang.

“(Universitas Pelita Harapan), UPH  harus mampu menyiapkan para mahasiswanya agar menjadi pemimpin masa depan yang telah dibekali oleh pengembangan wawasan yang luas dan terkini serta pengembangan karakter.”kata Jonathan.

Baca Juga : 

  1. Pecat Direksi Waskita Satu-satunya Solusi
  2. Bunuh Isteri dan Kedua Anaknya, Pria Paruh Baya Dituntut 15 Tahun Penjara

Dikatakan Jonathan, bahwa lewat pengembangan karakter ini, saya berharap agar mahasiswa mampu menjadi bagian untuk bangsa Indonesia. Bagaimana mahasiswa bisa memberikan kontribusinya dalam memikirkan pembangunan bangsa. Menurut Jonathan UPH harus selalu berusaha dan berkomitmen untuk menjadi kampus dengan pendidikan yang holistis dan transformatif,

“Komitmen UPH sebagai isntitusi pendidikan yang holistis dan transformatif ini dinyatakan melalui UPH Youth Leaders Forum. Forum ini dihadiri kurang lebih 300 mahasiswa yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa UPH, perwakilan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) se-Jabodetabek dari kurang lebih 12 universitas, dan juga publik,”terang Jonathan.

Ditambahkan Jonathan, dalam forum yang mengangkat tema ‘Politik Identitas’ ini dibahas permasalahan terkait beragam perbedaan berasaskan asumsi status sosial seperti persoalan politik karekan suku, ras, maupun agama, “Alasan memilih tema Politik Identitas ini karena masih banyaknya tantangan yang harus dihadapi bangsa kita ke depan. Contohnya kesenjangan dan kemiskinan. Untuk itu melalui forum ini, para mahasiswa diajak berpikir dan mencari solusi atas tantangan tersebut,”ujarnya.

Rektor UPH itu mengajak agar mahasiswa-mahasiswi dan publik peduli terhadap tantangan bangsa ini, terlebih karena politik identitas tersebut memang membutuhkan dukungan yang luas. Dalam acara seminar yang dilakukan di UPH, menjadi ajang persiapan bagi mahasiswa dari berbagai Universitas agar dapat memberikan solusi bagi persoalan bangsa. 

“Mari bersama-sama kita jadikan Indonesia ini menjadi negara yang terkuat dengan Bhineka Tunggal Ika yang sudah dibangun oleh para Founding Fathers sebelumnya. Dan semangat nasionalisme ini harus mampu dilanjutkan oleh generasi muda,”tutup Rektor UPH.

 

 

Penulis : Ateng Sanusih

Editor : Jum