Menjadi Referensi Mendunia

Harga Daging Sapi Jelang Bulan Ruwah Masih Relatif Normal

Indonesiaberita.com PANDEGLANG – Tinggal beberapa hari lagi berdasarkan kalender Islam, Bulan Rajab akan berakhir. Selanjutnya Bulan Ruwah Tahun 1349 Hijriyah akan segera tiba dan dipastikan pada awal Ruwah itu jatuh antara pada Tanggal 16 atau 17 April 2018.

Biasanya pada saat Bulan Rajab, dan Ruwah, maupun Puasa, Hingga Bulan Syahwal, sering kali dibarengi adanya kenaikan harga-harga sembako diantaranya daging sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain-lain.

Akan tetapi hingga saat ini belum terjadi lonjakan kenaikan harga sembilan bahan pokok. Demikian pula harga daging sapi dan kerbau di Pasar-pasar yang ada di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten masih dapat dibilang normal.

Kepala Dinas Perindustrian Pasar dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Pandeglang, Andi Kusnardi didampingi Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pengawasan Pasar , Nanang, kepada Indonesia Berita tadi siang diruang kerjanya (13/18) Jumat.

“Harga daging sapi murni di Pasar Plaza Pandeglang per 2 April 2018 hingga hari ini, masih berkisar Rp.114.000 per kilogram nya sedangkan daging kerbau Rp.112.000 ” ujarnya.

Namun harga ini bisa fluktuatif atau berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar yang diakibatkan satu dan lain hal akibat kelangkaan pasokan bahkan bisa jadi harganya menurun, jika negara banyak menyediakan pasokan daging yang cukup, demikian pula harga-harga sembako pun sama bisa fluktuatif tergantung pengaruh cuaca buruk, bencana alam, atau perkembangan ekonomi dunia secara global.

Baca Juga :

  1. Target Pajak Daerah Pandeglang 2018 Rp.39 Miliar
  2. Dirut Perum Damri Resmikan Jalur Tanjung Lesung – Bandara Soetta

Sedangkan harga beras IR kw I per Kg nya sebesar Rp.10.650, dan IR KW 2 per Kg nya Rp.9.650 sedangkan IR kw 3 per Kg nya Rp.8 720,-

Laporan perkembangan harga pokok dan barang penting(strategis) di Kabupaten Pandeglang akan terus dipantau oleh tim pengawasan harga pasar termasuk oleh pihak kepolisian resort Pandeglang, juga dari BPOM(Badan Pengawasan Obat-obatan dan makanan) dan beberapa instansi terkait.

Senada dikatakan Kasi Bina Sarana Usaha Perdagangan Pasar Pandeglang, H.Nanang, dirinya mengungkapkan, pihaknya hampir setiap hari melaporkan seluruh perkembangan harga-harga sembako, dan telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Banten, kalau harga-harga tersebut akan selalu ditayangkan dalam website resmi Pemprov Banten yaitu sih2bp.com

“Dalam situs atau website tersebut, selalu menayangkan laporan dan perkembangan harga-harga sembako disetiap pasar yang ada di kabupaten atau kota di Provinsi Banten, termasuk pasar-pasar di Kabupaten Pandeglang,Lebak, Serang, Cilegon juga Tangerang” pungkasnya.

Penulis : Asep WE

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...