Indonesiaberita.com, LAMPUNG – Tapis merupakan kain tradisional kebanggaan masyarakat Lampung. Untuk melestarikan dan mengenalkan tapis ke khalayak luas, Laskar Perempuan Berdikari dan Srikandi Hanura Lampung meresmikan sebuah galeri sederhana yang dinamakan Blambanan Tapis, yang terletak di rumah kediaman Dina Zuliana Jl. Beranti Raya Kalirejo Negeri Katon Pesawaran (24/4).

Di dalam galeri Blambanan Tapis terdapat karya dari 100 anggota Laspri Pesawaran. Tujuan Blambanan Tapis adalah menjadi sebuah kampung wisata berbasis pengrajin.

Dengan visi pengembangan, pelestarian kearifan lokal, dan untuk meningkatkan perekonomian pengrajin. Juga untuk mengubah mindset pengrajin yang awalnya dari sistem upahan menjadi wirausahawan.

Peresmian Blambanan Tapis diresmikan langsung oleh SPDB. Drs Edward Syah Pernong, SH, MH Gelar Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan XXIII Kepaksian Pernong – Lampung. Juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Pesawaran H. Rifanzi. R, kepala dinas pariwisata Pesawaran, Perwakilan Kapolres dan Dandim, Camat, serta Ibu Lurah Desa Negeri Katon.

Photo : Istimewa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam sambutannya, Edward mengatakan bahwa Blambanan Tapis adalah salah satu langkah maju untuk memberdayakan masyarakat, tapis juga dipakai dari dulu oleh saibatin dan penyimbang, dan setiap motifnya mempunyai makna filosofis.

“Semoga kedepannya Blambanan Tapis akan terus berkembang.” kata Edward.

Penulis : Afif Rakha Anggoro

Editor : YE