Menjadi Referensi Mendunia

Ini Bedanya MRT, KRL dan LRT

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Transportasi umum dinegara-negara maju menjadi pahlawan bagi masyarakatnya, pasalnya jenis transportasi ini cepat dan tepat waktu. Sehingga menjadi pilihan selain jarak yang jauh.

Begitu juga dengan Indonesia, sejak pemerintahan Joko Widodo, pemerintah semakin menggalakkan membangun infrastruktur untuk mengejar ketertinggalan, begitu juga dengan transportasi umum agar layak bagi penggunanya. Sebut saja transportasi umum yang kita kenal berjenis kereta, Mass Rapid Transit atau MRT, Kereta Rel Listrik (KRL) dan Light Rail Transit (LRT).

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih terdengar asing dengan istilah-istilah kereta tersebut, tapi jangan khawatir berikut penjelasannya :

MRT atau Mass Rapid Transit berkapasitas sekitar 1.950 penumpang, dapat menarik enam kereta (rangkaian), kereta jenis ini dapat melalui jalur atas atau Layang dan Bawah Tanah.

Sedangkan Kereta Rel Listrik (KRL) adalah jenis kereta yang sekarang menjadi andalan masyarakat Jabodetabek yang memiliki kapasitas penumpang lebih banyak, dapat menampung 2000 penumpang, KRL yang tadi tidak layak kini semakin layak dan beradab. KRL melalui perlintasan Layang dan Atas Tanah

Dan terakhir Light Rail Transit (LRT) mungkin bagi sebagian masyarakat kita agak asing mendengar kereta jenis ini, namun sejak pemerintah serius dalam penanganan transportasi maka tak heran pemerintah provinsi Sumatera Selatan pun kini ikut membangun kereta jenis ini, tepatnya di Kota Palembang yang juga sebagai tuan rumah pesta Olahraga se-Asia 2018.

LRT berkapasitas 600 penumpang, dengan 2-4 rangkaian, yang melintas hanya melalui perlintasan Layang.

Jadi mudah kan untuk membedakannya

Editor : YE

Komentar
Loading...