Menjadi Referensi Mendunia

Didukung Komunitas Pemulung, Kang Hasan; Pemulung Profesi Terhormat

Indonesiaberita.com, BANDUNG – Para pengumpul barang bekas atau pemulung, seringkali dicap negatif oleh masyarakat. Padahal, profesi mereka cukup menguntungkan bagi masyarakat sekitar, yakni turut membantu membersihkan limbah pelastik bekas yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang baru yang bermanfaat. Hal tersebut, disampaikan oleh Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin, saat berkunjung ke tempat pengolahan limbah pelastik Bekas di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Rabu (2/5).

Kang Hasan menyampaikan, profesi pengumpul limbah, merupakan profesi yang mulia. Menurutnya, cara mereka mencari nafkah, lebih mulia, ketimbang mencuri atau mengambil hak orang lain. Adapun hal negatif yang sering dituduhkan kepada para pemulung, sambungnya, hal itu hanya dilakukan oleh oknum tertentu saja. Kang Hasan pun, menerima dengan terbuka dukungan yang diberikan oleh para komunitas pemulung tersebut, dan siap mewujudkan kesejahteraan bagi mereka.

“Kita jangan pandang sebelah mata, Mereka (Pemulung) adalah rakyat yang pengen aktif dalam masalah demokrasi, pekerjaannya terhormat, dan harus kita lindungi,” ungkap Kang Hasan usai mengikuti kegiatan tersebut.

Purnawirawan Jendral TNI AD itu juga menegaskan, akan membantu mengembangkan usaha tersebut, melalui kerjasama dengan pabrik yang bergerak dalam pengolahan limbah, agar menerima barang bekas dari masyarakat. Kang Hasan juga akan mengoptimalkan peran koperasi, agar usaha yang mereka jalan lebih rapi dan terstruktur.

“Usaha seperti ini, menurut hemat saya bagus, Tapi memang perlu diorganisir dengan baik seperti disini, diolah dengan baik, lalu hasilnya dijual kembali,” paparnya.

Sementara itu, salah satu pengumpul limbah, bernama Dedi, menaruh harapan besar kepada Kang Hasan, agar membawa perubahan kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya di Sukabumi. Menurutnya, sosok Kang Hasan yang merakyat dan bersedia mendengar keluhan masyarakat, dinilai mempunyai kepedulian tinggi terhadap kualitas hiduo masyarakat bawah seperti para pengumpul limbah.

“Kang Hasan, satu-satunya calon yang mau datang ketempat ini, itu menunjukan kepedulian kepada masyarakat seperti kami, semoga kedepannya (Jawa Barat) lebih baik,” ungkapnya.

Selain komunitas pengumpul limbah, pada kesempatan tersebut, hadir pula ribuan relawan dari berbagai komunitas masyarakat dan seni budaya kedaerahan, untuk mendeklarasilan dukungannya terhadap Kang Hasan dan pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton) atau dikenal dengan Hasanah itu.

Sebelumnya, Kang Hasan juga sempat meninjau gudang pengepul limbah plastik dan barang sudah digiling untuk kemudian dijual ke pabrik. Dengan ditemani para pekerja ditempat tersebut, Kang Hasan berbincang terkait omset penjualan, hingga cara mengolah barang bekas tersebut.

Editor : YE

Komentar
Loading...