Oleh : Irvantio Danang

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan primer yang memang setiap manusia membutuhkannya, karna pendidikan sendiri sudah menjadi hal yang memang diperlukan untuk menghadapi dunia yang semakin dinamis dan terus mengalami perubahan.

Apalagi di era sekarang, dimana pendidikan menjadi kunci atau ujung tombak karena apa yang kita lakukan tidak lepas dari proses pendidikan itu sendiri. Di era mileneal ini pendidikan tidak hanya sekedar tahu menahu tentang apa yang disebut tehnologi.

Akan tetapi perlu adanya pendidikan yang dapat mengubah sikap, perilaku, tindakan atau kelakuan menjadi lebih baik. Dalam Pembukaan UUD NRI 1945 dijelaskan

“Dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa…” Bisa dilihat bahwa Indonesia memiliki sebuah tujuan diaman tujuan ini sudah menjadi cita-cita bangsa Indonesia sendiri. Untuk itu pendidikan  moral sangat penting bagi berbagai elemen yang ada di masyarakat, terutama di Indonesia.

Pendidikan sendiri tidak lepas dari peran pemerintah dalam mengatur sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan di Indonesia sendiri diatur dalam UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1-5 dan UU no. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Dalam UU ini dijelaskan bahwa penyelenggara pendidikan wajib memegang beberapa prinsip antara lain pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai budaya, dan kemajuan bangsa serta satu kesatuan yang sitematis dengan sistem terbuka dan multi makna.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dilihat bahwa sistem pendidikan di Indonesia sudah cukup jelas arah dan tujuannya sesuai dengan pembukaan UUD NRI 1945.