Menjadi Referensi Mendunia

Hasil Survei Orkestra, Jokowi Masih Ungguli Prabowo

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Menerawang konstalasi politik dalam pesta demokrasi 2019 mendatang, Organisasi Kesejahteraan Rakyat (ORKESTRA) telah merampungkan survei elektabilitas simulasi capres dan cawapres serta partai politik (parpol).

Ketua Umum Orkestra, Poempida Hidayatulloh menyampaikan, dari survei yang digelar selama periode 16 – 30 April 2018 lalu Presiden Joko Widodo masih mengungguli Ketua Umum Partai Gerindera Prabowo Subianto dengan tingkat keterpilihan 38 persen.

Untuk elektabilitas parpol posisi tertinggi ditempati oleh PDI Perjuangan dengan tingkat keterpilihan 18,7 persen menyusl Gerindra 16,5 persen, Golkar 9,9 persen, Demokrat 8,8 persen, PKB 7,4 persen, PKS 5,1 persen, serta Nasdem 3,1 persen.

“Responden yang mengatakan mau memilih kembali Jokowi untuk 2 periode, sebanyak 28,8 persen diantaranya dikarenakan Jokowi sukses dalam program pembangunan infrastruktur” terang Poempida.

Si Bayi Ajaib ini melanjutkan dari hasil survei juga diketahui cawapres dengan tingkat keterpilihan tertinggi untuk Presiden Jokowi adalah TGB sebesar 13,8 persen menyusul Cak Imin 13,2 persen.

Sedangkan untuk Prabowo, cawapres dengan tingkat keterpilihan tertinggi ada pada Anies Matta sebesar 12,5 persen menyusul Anies Baswedan 12,1 persen.

“Kami jajaki dan identifikasi persepsi publik di 34 provinsi dengan metode top of mind. Dengan margin of error 2,9 persen dari 1.200 respoden, seperti itulah hasilnya,” paparnya, saat konferensi pers di Menara Jamsostek, Jakarta pada Minggu, 13 Mei 2018.

Pria kelahiran Sukabumi itu juga membenarkan ada kemungkinan terbentuknya kelompok poros ke tiga dalam bursa capres mendatang.

“Iya, bisa saja hal itu terjadi. Dari data yang kami sajikan jelas kok. Misalnya PKB berkualisi dengan Demokrat dan PPP. Pasti bisa mengusung capres. Atau Golkar yang memilih membentuk poros ke tiga dengan membangun kualisi seperti tadi. Semua bisa saja terjadi mengingat konstalasi politik yang masih akan berubah,” jawabnya saat ditanya oleh pewarta.

Dalam kesampatan yang sama, pria berparas tampan itu juga menyampaikam bela sungkawanya kepada keluarga korban kerusuhan Mako Brimob dan teror bom bunuh diri di Surabaya.

“Saya secara pribadi dan kelembagaan mengutuk keras pelaku teror bom di Surabaya beserta antek-anteknya,” tegas Bayi Ajaib.

Editor : M. Agus Safar

Komentar
Loading...