Menjadi Referensi Mendunia

Memperkuat Sejarah PGSD UMMU Gelar Napak Tilas Sultan Babullah Syah

Indonesiaberita.com, TERNATE – Mahasiswa Program Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, (PGSD UMMU), memperkuat sejarah dengan melakukan napak tilas sejarah dan budaya moloku kie raha, dan melihat Iebih dekat sejarah, kebudayaan Masyarakat Ternate khususnya Sejarah Sultan Babullah Syah.

Seperti diketahui Sultan Babullah Syah adalah Kesultanan Ternate ke 24 yang berkuasa antara lahun 1570 1583.

“Babullah dikenal sebagai sultan Ternate dan Maluku terbesar sepanjang sejarah, yang berhasil mengalahkan Portugis dan mengantarkan Ternate ke puncak keemasan di akhir abad ke-16, Sultan Baabullah Syah juga dijuluki sebagai penguasa 72 pulau berpenghuni yang meliputi pulau-pulau dl nusantara bagian timur, Mindanao selatan dan kepuIauan Marshall.” ungkap Taufik Abdullah.

Dosen PGSD UMMU ini juga menambahkan selain itu mahasiswa berkunjung ke kampung tertua di kota Ternate yaitu Foramadiyahi untuk melihat aktifitas masyarakat bukti kejayaan hidup masa Ialu dan mengalami rintangan masa kini.

“Upaya dalam napak tilas ini adalah memberikan pemahaman mahasiswa tentang pelestarian nilai nilai sejarah dan budaya yang telah dilakukan dahulu dan sekarang yaitu pelestarlan demi kepentingan nilai-nilai budaya dan proses-proses yang pernah terjadl pada masa Ialu dan perkembangannya hingga kini serta pelestarian cagar budaya karena nilainya terhadap suatu peristlwa sejarah yang pernah terjadi pada masa Ialu.” tambahnya.

Karena banyak problem sejarah dan budaya yang hilang dimakan jaman akibat dari masyarakat tidak sadar nila – nilai sejarahnya. Kegiatan ini juga memberikan masukan pada pemerintah Kota, terang Taufik kepada Indonesiaberita.com, Selasa, (15/05/2018).

Selanjutnya  Taufik berharap Ternate dalam hal sejarah Komunitas Tua di Ternate harus diperdayakan dilesatarikan, sehingga pelajar dan mahasiswa akan dengan mudah mengetahui dan meresapi, memahami, mengingat dan menelusuri.

“Dengan demikian, akan timbul dan terbentuk rasa ikut memilih karena sangat panting bagi pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dengan memahami melaksanakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa yang membentuk kepribadian sebagai jati diri bangsa, rasa nasionalisme, kebudayaan nasional, kepribadian nasional, dan etos bangsa akan terwujud.” harap Taufik.

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...