Indonesiaberita, KENDARI – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Endang Abas mengatakan pengusulan Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) berdasarkan zero growth.

“Pengusulan CPNS berdasarkan berapa yang pensiun itu misalkan yang di pensiun 412 kita mengusulkan hanya 160.” jelas Endang, Selasa (21/5).

Untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) sudah di bicarakan apakah bisa tidak berdasarkan BUP tapi berdasarkan presentasi jumlah pegawai dan jumlah penduduk.

“Sampai sekarang belum ada jumlah yang pasti, karena pemahaman kab/kota berdasarkan informasi yang lalu 700 sampai 800 untuk provinsi yang daerah 1200 karena terkait dengan guru, tapi itu berubah karena sesuai BUP belum ada hasilnya.” ujarnya

Pengusulan CPNS tdak hanya berdasarkan berapa jumlah pensiun pengadaan namun seberapa besar namun juga melihat bagaimana melaksanakan management Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pengusulan di lihat dari seberapa besar kontribusi ASN dalam mencapai atau mendukung rencana prioritas pembangunan daerah.” lanjutnya

Endang juga menambahkan sebagai contoh Wakatobi dengan pariwisata ada atau tidak usulan CPNS di bidang pariwisata, percepatan infrastruktur berapa persen.

Selain itu juga, pengusulan tidak hanya sekedar bahwa pesanan untuk pembukaan formasi daerah tapi di lihat bagaimana prioritas pembangunan daerah.

“Besok batas penyetoran pengajuan karena akan di presentasikan di Kemenpan RB dan eksekusinya nanti akan keluar akhir mei.” tutupnya

Editor : YE