Modern technology gives us many things.

Cegah Terorisme, Indonesia dan Australia Kerjasama Intelijen

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Australia, Senator The Hon Marise Payne, Rabu (6/6) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan dan memperkuat kerja sama pertahanan kedua negara yang selama ini telah terjalin erat.

Fokus bidang kerja sama yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni upaya memperkuat kerja sama dalam pencegahan dan penanggulangan ancaman terorisme di kawasan. Kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama tersebut ke arah yang lebih konkrit.

Baca Juga : Pertegas Komitmen, Menhan RI Sambangi Menhan AS Di Hawaii

Menyambut kunjungan Menhan Australia tersebut, Menhan RI menyampaikan selamat datang kepada Menhan Australia dan rombongan di Jakarta khususnya di kantor Kemhan RI. Pertemuan kali ini diharapkan akan membuahkan hasil yang positif dalam rangka realisasi kerja sama yang telah direncanakan kedua negara khususnya dalam pencegahan dan penanggulangan ancaman terorisme.

“Kerja sama harus lebih konkrit, kalau tidak ancaman teroris akan menjadi lebih besar dan berkembang di kawasan”, tutur Menhan RI.

Sementara itu, Menhan Australia menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang hangat oleh Menhan RI. Mewakili Pemerintah Australia, Menhan Australia juga menyampaikan ucapan duka cita atas terjadinya serangan terorisme di Surabaya beberapa waktu lalu.

Sidebar banner ads

Baca Juga : Menhan Beri Arahan Ke Perwira TNI-Polri, Ini Alasannya

Senada dengan Menhan RI, untuk mencegah berkembangnya ancaman terorisme di kawasan menjadi lebih besar, Menhan Australia juga menyatakan setuju perlunya memperkuat kerja sama pertahanan ke arah yang lebih konkrit melalui kerja sama pertukaran informasi intelijen pertahanan.

“Untuk mendeteksi lebih dini ancaman potensial terorisme, maka perlunya membentuk suatu pusat pengumpulan informasi. Sehingga negara – negara di kawasan dapat saling bertukar informasi untuk meningkatkan respon yang cepat dalam menghadapi berbagai ancaman terorisme”, ungkap Menhan Australia.

Baca Juga : Bak Ingin Berperang, Menhan Beri Arahan Perwira Corps Marinir

Langkah-langkah baru juga diperlukan untuk membangun kebijakan kerja sama penanggulangan ancaman terorisme di kawasan. Menurut Menhan Australia, kerja sama intelijen pertahanan menjadi kunci dari kerja sama kedua negara, dan Australia siap memberikan dukungan terhadap kerja sama tersebut di ASEAN.

Editor : RA

Komentar
Loading...