Indonesiaberita.com TERNATE – Dalam Rangka Peningkatan sumber daya manusia yang ada di Provinsi Maluku Utara English Training Center (ETC) Provinsi Maluku Utara Kembali memberangkat guru -guru dan siswa tebaik ke Negara Jepang.

Direktur English Training Center ETC, Rusdi Abd Karim, mengatakan ETC punya kurikulum cambridge result dengan program fun they make true. 

“Kepanjangan dari fun akademik, artinya anak bisa berlibur, melakukan culter tour dan sosial tour dan kalau akademiknya bahasa inggris untuk semua bahasa, termasuk orang indonesia orang jepang dan negara lainnya,”  ungkap Rusdi ketika di temuai Sabtu (09/6/2018) di Ruang Kerjanya Jl. Hasan Esa, Toboko, Ternate, Maluku Utara.

Selanjutnya Rusdi mengatakan maka dari itu kami di ETC setiap tahun melakukan tour dan tahun 2018 ini kami lakukan di Jepang.

“Kami ingin mencari tahu seberapa besar orang jepang mahir berbahasa inggris, karena jepang mulai terbuka. dengan tradisionalnya yang masih di jaga, Karena itu anak anak akan berinteraski langsung dengan orang jepang yang berbahasa inggris. ” ujar Rusdi

Sambungnya Bahasa inggris di indonesia masih bahasa asing, belum masuk dalam second languanges dan karena itu kami melakukan praktek ke luar negeri.

Kenapa kami harus mengikut sertakan di luar negeri karena salah kurikulum yang di pakai di ETC adalah Internasional Examinations di antaranya dari Amerika Serikata yaitu, Toelf dan Toeic sedangkan dari Inggris kami gunakan Ielts dan Esol, makanya kami harus ke luar negeri” imbuhnya

Foto/HI

Dengan mengeluarkan biaya khusus dari promosi, dan yang akan di ikut sertakan adalah guru-guru dan siswa yang ada di ETC.

“Kita kirim beberapa guru dan siswa yang di anggap teladan dan baik yang sudah satu tahun, dan kita pilih dengan melakukan seleksi dengan sangat ketat dan objektif.” tutur Rusdi.

Menurut Rusdi keberangkatan akan dilaksanakan pada hari kedua Idul Fitri 1439 H.

“Rencana keberangkatan akan dilaksanakan pada hari kedua lebaran Idhul Fitri 1439 H selama sembilan hari kita di jepang tapi sebelum ke Jepang kita masih singga satu hari di negara Filipina, dan guru yang di berangkatkan itu sebanyak 20 guru dan 2 siswa terbaik di Englis trening center di antaranya Putri Amanda Ramadhanti dan Nurrizqiyah Hilam.” ungkap Rusdi

Dirinya berharap di tahun depan, ada bebarapa saran pra sarana yang akan ditambahkan.

“Mengingat banyak masyarakat yang ingin belajar di ETC, doakan kami semoga kami selalu berikan Rezeki dan akan selalu membangun sumber daya manusia di Provinsi Maluku Utara.” harap Rusdy

Editor : Yakobus Eko