Modern technology gives us many things.

Miris, Buruh Pabrik Kecelakaan Akibat Buruknya Sistem Keselamatan Kerja

Indonesia.com CIREBON – Memasuki H-6 Lebaran Idul Fitri, sebagian besar buruh yang ada di Indonesia melakukan mudik ke Kampung halaman, akan tetapi kabar buruk menimpa salah seorang buruh PT. PG RAJAWALI II Unit PG Sindang Laut di Cirebon bernama Komarudin, Senin (11/6). Ia mengalami kecelakaan kerja yang cukup menyedihkan dengan kondisi kaki patah.

Sebelum kecelakaan, Komarudin kesehariannya bekerja di bagian Instalasi listrik di Pabrik Gula Sindang Laut di Cirebon. Komarudin kecelakaan karena terjatuh dari crane.

Dodi salah satu pengurus Serikat Buruh Merdeka Indonesia PG Sindang Laut mengatakan bahwa kecelakaan itu juga terjadi karena tidak berjalanya dengan baik sistem keselamatan kerja (K3) di tempat kerjanya.

Baca Juga

“Perusahaan tempat kita bekerja, belum menjalankan sistem keselamatan kerja. Sehingga terjadi kecelakaan yang menimpa rekan kami.” terang Dodi.

Dikatakan Dodi, kalau seandainya perusahaan mau melaksanakan peraturan pemerintah. Seharusnya aktifitas produksi pada hari ini sudah diliburkan. Namun ternyata, peraturan tersebut tidak berlaku di Pabrik Gula Sindang Laut di Kabupaten Cirebon.

Ditambahkan Dodi, dengan kejadian itu, maka sudah menjadi kewajiban bagi PT. PG RAJAWALI II Unit PG Sindang Laut bertanggung jawab. Padahal dulu para buruh telah mengajukan agar sistem keselamatan kerja dijalankan. “Kita tidak hanya melihat persoalan pada sisi administratif semata dan tidak ditinjau dari alasan efisiensi keuangan perusahaan.” ucap Dodi.

Sampai berita ini diterbitkan pihak perusahaan belum bertanggung jawab dan korban kini tengah dalam perawatan intensif di RS. MITRA PLUMBON untuk menjalani CT SCAN. Sementara itu, pihak dari Kepolisian Sektor Lemah Abang tengah melakukan pemeriksaan lapangan di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Penulis : Irman

Editor : Jum

Komentar
Loading...