Indonesiaberita.com PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita hadiri Halal Binhalal dengan Komandan Jendral (Danjen) Kopassus Mayor Jendral TNI Eko Margiono di Grup 1 Kopassus Serang, Selasa (27/6). Dalam suasana pertemuan tersebut, mereka juga sedikit membahas wacana pembuatan lokasi latihan untuk Komando Pasukan Khusus (Kopassus), di wilayah Banten Selatan yaitu Pandeglang.

Selain itu, turut hadir Gubernur Banten Wahidin Halim, Komandan Grup (Dangrup)  1 Kopassus Kolonel Inf Lucky Avianto. Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banten Yusuf Purnama, Asda Pemerintahan Kabupaten Pandeglang Agus Priyadi Mustika, Kepala Bappeda Pandeglang Kurnia Satriawan, dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang Teguh Wieyana.

Baca juga : Sikapi Issue Hoax, Irna Tempuh Jalur Hukum

Dan grup 1 Kopassus Kolonel Inf Lucky Avianto mengatakan, rencana pembuatan lokasi latihan untuk Kopassus itu setelah dilanjutkan pengecekan yang tepat adalah di Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis 163, sembilan hektar.

“Rencananya memang sebelumnya di daerah yang masuk Kawasan Ekonomi Khusus (Kek), setelah dikaji ulang akhirnya diputuskan ditanah milik Pemerintah dan tidak masuk di Kawasan KEK, “katanya.

Menurutnya, kawasan ini sangat ideal untuk dijadikan pusat latihan Kopassus, selain tidak jauh dari pantai yang jaraknya hanya 1,8 kilometer juga dekat dengan exit tol di Desa Mekarsari.

“Mudah – mudahan dengan keberadaan kita di daerah ini akan semakin meningkatkan keamanan dan jadi berkembang,”harapnya.

Menanggapi wacana tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, dirinya sangat mendukung dan menyambut baik untuk lokasi latihan bagi Kopassus yang akan didirikan.

“Memang wacan ini sudah ada sejak dulu saat kami menyambut Mayjen Madsuni setengah setahun yang lalu di Tanjung Lesung. Ini satu kehormatan bagi kami, memang pengamanan harus dikuatkan, apalagi Pandeglang memiliki wilayah pantai yang luas,” ungkap Irna.

Menurut Irna, dengan adanya pusat latihan Kopassus di Pandeglang akan memberikan dampak yang signifikan hususnya Pertahanan dan Keamanan (Hankam).

“Saya bangga pandeglang ditunjuk sebagai pusat latihan bagi para Komando. Karena jika keamanan meningkat, ekonomi bisa tumbuh, ditambah lagi ada Kek jadi keamanan bisa lebih meningkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Jendral Kopassus Mayor Jendral TNI Eko Margiono mengatakan, memang sebelumnya wacana pembangunan itu masuk dalam kawasan KEK. Namun setelah dikaji ulang oleh Dangrup 1, lokasi Desa Karangbolong, Kecamatan Cigeulis. “Dan akhirnya Dangrup 1 melaporkan bahwa ada kurang lebih 163,9 hektar yang ideal dapat kita jadikan untuk pusat latihan Kopassus,” katanya.

Dengan semakin berkembangnya kemajuan, kata Mayjen TNI Eko Margiono sangat sulit mencari lokasi yang ideal untuk jadi tempat latihan.”Setelah latihan di darat, biasanya para Komando akan melakukan latihan di laut, jadi saya rasa lokasi itu cukup ideal sekali, “pungkasnya.

 

Penulis : David 

Editor : Jum