Indonesiaberita.com, JAKARTA – Tuan rumah Rusia taklukan Spanyol lewat drama adu penalti setelah dalam 120 menit pertandingan berakhir imbang 1-1, Minggu (1/7/2018).

Dengan berhasil mengalahkan Spanyol 5-4 (1-1) pada babak 16 besar membuat tim Beruang Merah berhak melangkah ke babak 8 besar.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Moskwa, pada menit ke 12 Spanyol unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri Ignashevich

Gol bunuh diri ini berawal dari tendangan bebas Marco Asensio menuju tiang jauh Rusia, bola dapat ditendangan Ramos namun Ignashevich salah mengantisipasi dan bola meluncur ke gawang Akinfeev.

Rusia berusaha menyamakan kedudukan namun usaha dari Aleksandr Golovin pada menit 36 masih tipis melebar dari gawang De Gea.

Usaha Rusia menyamakan kedudukan akhirnya tercapai pada menit 42 lewat tendangan penalti yang dieksekusi Artem Dzyuba mampu mengecoh De Gea.

Penalti ini diberikan setelah Pique menahan bola hasil sundulan Dzyuba dengan tangan dan wasit Bjorn Kuipers menghadiahi Pique kartu kuning.

Diego Costa hampir saja membuat  la Furia Roja kembali unggul sayang sundulannya pada menit 45 mampu diamankan Arkinfeev.

Skor 1-1 menandai berkahirnya pertandingan pada babak pertama.

La Furia Roja terus menekan pertahanan Rusia di babak kedua namun ketangguhan kiper Arkinfeev membuat gawangnya tidak kebobolan.

Terbukti ketangguhan Arkinfeev di bawah mistar gawang dimenit ke 85 mampu mengantisipasi peluang beruntun Spanyol melalui Iniesta dan Aspas.

Sampai berakhirnya babak kedua pun kedudukan 1-1 tidak berubah dan pertandingan dilanjutkan pada babak tambahan 2×15 menit.

Memasuki menit 109 tim besutan Fernando Hierro mempunya peluang emas lewat tendangan Rodrigo dari sisi kanan namun lagi-lagi Arkinfeev menunjukan ketangguhannya dengan berhasil membloknya dengan sempurna.

Skor pun tidak berubah sampai berakhirnya babak tambahan tetap imbang 1-1 membuat pertandingan harus dilanjutkan lewat tendangan adu penalti.

Pemain Spanyol menjadi penendang pertama dalam tos-tosan ini karena menang undian.

Dalam drama adu penalti ini dua penendang penalti Spanyol gagal mengeksekusi karena mampu diantisipasi Arkinfeev.

Sedamgkan empat penendang penalti Rusia gagal diantidipasi De Gea dan penendang kelima Rusia tidak mengeksekusi karena Rusia sudah unggul.

Lawan Rusia pada babak 8 besar adalah pemenang antara Krosia dan Denmark.

Editor : YE