Indonesiaberita.com PADANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengimbau kepada seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya sekolah swasta yang baru tahap pembangunan untuk membangun sekolah yang bermutu dan berkualitas. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, saat meresmikan dan pemasangan papan tanda dimulainya pendirian EDOTEL SMK Pariwisata Aisiyah, Provinsi Sumatera Barat, Jumat kemarin (06/07).

“Sekarang untuk bikin sekolah atau fasilitas sekolah lainnya harus dibangun yang bermutu,” tutur Mendikbud.

Mendikbud menerangkan, pembangunan SMK yang bermutu tidak harus mewah, tetapi mencerminkan lembaga pendidikan yang berkualitas, berkemajuan, dan lembaga pendidikan yang memiliki reputasi baik.

“Bikin sekolah dan fasilitas dengan sekedarnya sudah tidak zaman lagi, harus terdesain dengan baik, agar dapat menarik dan memberikan kenyamanan kepada peserta didik,” jelas Mendikbud.

Menanggapi imbauan yang disampaikan Mendikbud, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menyambut baik pengalihan kewenangan penyelenggaraan pendidikan menengah kepada pemerintahan provinsi sebelumnya di pemerintahan kabupaten/kota. Ia mengajak seluruh pemangku kepentingan di SMK untuk bersama-sama melakukan pembinaan, sehingga dapat mewujudkan SMK yang bagus dan berkualitas.

“SMK kewenangannya ada di provinsi. Walaupun begitu mari kita bersama-sama di dalam melakukan pembinaan, dan membuat sekolah kita bagus dan berkualitas. Kita akan perhatikan bersama seluruh SMK, dan membantu dalam menyediakan sarana dan prasarananya,” pungkas Wagub. (*)

Editor : YE