Menjadi Referensi Mendunia

Aktivis KORNAS : Jangan Ciptakan Kegaduhan di DPD Nasdem Mubar

Indonesiaberita.com, KENDARI – Polemik antara kubu Rajiun Center dan Ketua DPD Partai Nasdem Muna Barat (Mubar) yang didasari oleh rasa ketidak puasan salah satu pihak terhadap komposisi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten, ternyata mengundang perhatiaan beberapa pihak. Salah satunya hadir dari aktivis Komite Rakyat Nasional (KORNAS), Muhamad Agus Safar.

Agus Safar berpendapat, pihak Rajiun Center terlalu arogan dalam memainkan ritme percaturan politik. Sebagai lembaga yang berada langsung di bawah naungan Bupati Mubar, mestinya mereka memberikan contoh gaya berpolitik yang elegan di mata masyarakat.

“Sebelum berwacana straight di media, ada baiknya kubu Rajiun Center mengevaluasi internalnya,. Atau dapat memilih gaya dialektika yang lebih elok,” sanggahnya saat dihubungi via telpon, Minggu (8/7/2018).

Dilanjutkan olehnya, justifikasi “penghianat” dari Direktur Rajiun Center kepada Ketua DPD Nasedem Mubar, La Insafu merupakan argumen tanpa dasar yang kuat. Terlebih jika dirunut kembali ternyata mereka baru bergabung dalam partai Nasdem pasca pecah kongsi di PAN Sultra beberapa bulan lalu.

“Kenapa tidak Rajiun Center saja yang kembali bercermin diri? Jangan menyalahkan secara subjektif Bang Insafu. Sebab beliau (La Insafu-red) yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Nasdem adalah kader tulen partai Nasdem. Artinya loyalitas beliau dengan partai tidak mesti diragukan lagi,” papar mantan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (IMTSI) itu.

Agus Safar juga menyesalkan adanya tuduhan transaksi mahar politik yang ditujukan kepada DPD Nasdem Mubar. Dia menilai, lahirnya tuduhan tersebut merupakan gambaran bahwa pihak Rajiun Center tidak benar-benar memahami marwah Nasdem sebagai partai politik yang tidak membenarkan praktik mahar politik.

Lebih jauh Agus Safar mengatakan, terkait penentuan komposisi Bacaleg yang akan diusung oleh DPD Nasdem dalam pemilu 2019 mendatang adalah hak prerogatif partai. Dimana dalam penetapannya, Nasdem telah menakar semua potensi figur yang akan membawa bendera partai dalam kontestasi politik mendatang.

Testimoni HUT IBcom

“Saya yakin Bang Insafu sebagai Ketua DPD Nasdem Mubar  punya pertimbangan strategis dalam penentuan komposisi bacaleg. Semua itukan untuk membesarkan partai, maka dari itu harus benar-benar selektif dalam memilih siapa saja yang akan mengisi daftar Caleg,” terangnya.

Terkait kawan-kawan dari Rajiun Center yang belum terakomodir, mantan aktvis UHO ini menyarankan agar mereka lebih banyak bersabar dan taat proses dalam berpartai. Sebab masing-masing partai memiliki polanya sediri dalam melakonkan politik sebagai seni.

“Yang belum terakomodir sabar saja dulu lah. Ikuti proses dengan baik, jangan menciptakan kegaduhan dalam partai. Jika partai gaduh maka efeknya adalah konstituen partai,” pintanya.

Pada kesempatan itu Agus Safar mengharapkan agar Ketua DPD Nasdem Mubar, La Insafu dan Direktur Rajiun Center, Rahmat Apiti melebur perseteruan yang ada. Sebagai angkatan muda dia menginginkan ada lakon-lakon politisi yang baik untuk dicontoh.

“Saya juga ingin titip salam kepada keduanya, Ketua DPD Nasdem Mubar dan Direktur Rajiun Center. Keduanyakan adalah abang-abang saya. Terkhusus kepada Direktur Rajiun Center, kalau berada di Jakarta saya undang ngopi sembari diskusi menyangkut pandangan dan gaya berpolitik,” tutup pria yang biasa disapa Apang itu.

Repoter : AIM

Editor : YE

Komentar
Loading...