Indonesiaberita.com, TERNATE – Pemilihan putri Kampus akan dihelat Universitas Khairun Ternate melalui Ikatan Alumni Putri Kampus Unkhair bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan melibatkan seluruh pemuda, organ-organ pergerakan dan juga stakeholder di Maluku Utara.

Ketua KNPI Malut Thamrin Ali Ibramin, mengatakan kalau KNPI punya program meningkat minat dan bakat pemuda Malut.

“Ini sebagai tanggung jawab KNPI Malut dan akan melakukan konsolidasi secara besar dan menyukseskan ajang putri kampus 2018,” ujar Thamrin Saat konfrensi Pers di Cafe K62, bilangan Kalumpang, Kota Ternate, Malut, Senin (16/07/18).

Tambahnya, KNPI Sebagai Wadah berhimpun seluruh pemuda di Maluku Utara akan melaksanakan agenda besar di malut.

“KNPI Malut melaksanakan visi besar dalam program strategis yaitu KNPI Go To Campus untuk mendukung rangkaian kegiatan kreatifitas kemahasiswaan dan Pemuda,” tutur pria berkacamata itu

Sementara itu Dewan pembina putri kampus, Ibnu Sina kepada awak media mengatakan ini adalah pemilihan putri kampus yang kelima dengan tujuan untuk menggali potensi dan kreativitas yang di miliki mahasiswa.

“Mahasiswa yang lolos ini dan pernah jadi juara adalah mahasiswa yang berbakat baik di bidang seni maupun bidang bidang lainya. Contonya putri kampus 2017 adalah seorang atliet karate,” ungkapnya

Dirinya kemudian menjelaskan ada tahapan di dalam pemilihan putri kampus pada tahun 2018 ini.

“Pada tahapan ini kami sudah buka pendaftaran sejak tanggal 11-19 Juli 2018. Lanjut pada tahapan 1 yaitu tanggal 20 Juli di masing-masing Fakultas dan pengumuman pada tanggal 23 Juli, serta tahapan karantina tanggal 26 Juli – 06 Agustus. Kemudian pengumuman karantina 08 agustus, wawancara dilanjutkan dengan pengumuman 10 besar pada 09 dan 10 Agustus. Setelah itu dilanjutkan dengan grand final malam hari,” papar Ibnu

Dirinya melanjutkan, ada beberapa Persyaratan menjadi putri kampus diantaranya, harus mahasiswa aktif berprestasi dengan IPK 3,00 serta bisa berbahasa asing dengan baik.

“Yang lolos sebagai finalis putera 15 orang dan puteri 15 orang, untuk tahun 2015 finalis puteri 6 dan finalis putera 6, untuk tahun 2016 finalisnya puteri 24 orang tapi yang masuk grand final 12 orang. Sedangkan untuk tahun 2017, finalis puterinya yang daftar kurang lebih 43 orang, yang lulus interview 25 orang, masuk grand finalis 12 orang,” jelas Ibnu

Jjuara satu Putri kampus 2017 Tari Nurul menambahkan, bersama KNPI  pihaknya tidak hanya bergerak di kampus namun balance dalam melakukan kegiatan sosial.

“Kami melakukan Kegiatan sosial di masyarakat antaranya kami memberikan edukasi kepada anak jalanan di Pasar Gamalama. Begitu juga di Bulan Ramadhan kami berbagi takjil dengan masyarakat kota ternate dan berbagi kasih dengan panti jompo,” ungkap gadis cantik yang juga atlet karate itu.

Editor : YE