Indonesiaberita.com, TALIABU – Perkembangan usaha kuliner tradisional di indonesia sangatlah signifikan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai inovasi yang dilakukan rumah-rumah makan dengan menghadirkan nuansa dan pelayanan terbaik melalui menu makanan tradisional dengan ciri khas tersendiri.

Sama halnya dengan Kedai Tawaka yang berada di Kota Bobong Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara. Kendati masih tergolong baru di Kota Bobong, namun sudah berhasil menjerat pelanggan yang lumayan banyak. Dengan menu tradisionalnya, kedai ini mendapat tempat tersendiri di hati para penikmat kuliner khusunya yang ada di Kota Bobong.

“Kedai kami ini tergolong sebagai Kedai baru di Kota Bobong. Namun kehadirannya mulai dilirik dan diminati pelanggan yang lumayan banyak,” ungkap Ibu Etja selaku pemilik kedai kepada Indonesia Berita, Selasa (17/7/2018).

Tradisional Food

Lanjut Bunda Etja, Kedai Tawaka sendiri merupakan kedai yang menyediakan makanan tradisional maluku utara namun dengan ciri khas tersendiri ala kedai ini.

“Tradisional Food antaranya, Popeda (khas indonesia timur), Kasbi (ubi), pisang rebus, sayur garo (sayur campur), Kuah Soru (isinya sayur terong yang di bakar), Rebusan buah pepaya muda, Terong sambal pedis maupun santan, Ikan kuah kuning (ikan kakap, goropa, bubara dan ikan dasar lainnya), ikan teri sambal pedas dan pelengkap ada sambal rica-rica, sambal kacang dan sambal mentah (dabu-dabu manta)” sebut pemilik kedai tawaka.

Tradisonal Food ala Kedai Tawaka

Suasana Pantai.

Selain cita rasa makanan, lokasi kedai yang berada di dekat pantai menjadi sala satu daya tarik tersendiri. Suguhan panorama pantai dengan angin sepoi-sepoi menyemtakan kesan tersendiri bagi mereka yang pernah berkunjung di kedai ini.

Perasaan senang tersebut, diutarakan sala satu pelanggan saat bercerita tentang nuansa di Kedai Tawaka, Syahbudin (26).  Wartawan asal Sanana ini, dalam ceritanya selain cita rasa makanan tradisonal yang dirasakan pas dilidahnya, nuansa di pingiran pantai menghadirkan pemandangan laut yang dapat merefleksikan mata ditambah angin sepoi – sepoi membuat tempat ini menjadi tempat pelipur hati.

Jerat Kalangan Milenia

Bermaksud untuk menjerat pelanggan di semua kalangan khususnya dikalangan milenia, Kedai Tawaka menghadirkan menu ala Jaman Now, diantaranya, gorengan, Pisang Goreng biasa, pisang Lumpur (campuran keju coklat) juga aneka makanan ringan lainnya dan minuman dingin ala jus- jus buah (buah alfukat, sirsak, naga Dll).

Tersedia juga wifi gratis dan layar tancap untuk pelanggan yang hobinya nonton bareng (Nobar) baik itu untuk siaran sepak bola dan siaran olah raga lainnya.

Kopi Khas asli Taliabu.

Menu minuman andalan yang diincar penikmat kopi. Kopi khas Kedai Tawaka adalah menu minuman kopi produk hasil Kabupaten Pultab yaitu Kopi asal Kawalo.

Kopi asal kawalo memiliki ciri khas tersendiri dan dalam proses produksinya masih mengunkan dengan cara tradisonal. Rasa pahit yang terasa di kopi kawalo dipadukan dengan manisnya susu menjadikan rasa kopi ini pantas menjadi produk kelas diantara kopi daerah lainnya.

Sebagai penutup, Bunda Pemilik kedai berharap kedainya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. Olehnya itu sebagai pemilik kedai tawaka, pihaknya selalu terbuka dan menerima saran maupun kritik yang membangun.

Editor   :  mastobelo