Indonesiaberita.com, TERNATE – Untuk membangun pasar rempah-rempah Pemda bongkar pemukiman sekaligus pasar di Kelurahan kota baru, Kecamatan Ternate Tengah,  Kota Ternate, Maluku utara, Kamis (19/7/2018)

Kasatpol Pamong Praja Fandi M. Thumina mengatakan Pembongkaran ini melibatkan instansi teknis yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas PU,  Dinas Kebersihan, BLH, Dinas Perhubungan, unsur TNI/Polri dan Satpol PP.

Lanjut Fandi,  sebelumnya pemerintah sudah sosialisasi untuk mengosongkan lahan. Hal tersebut dikarenakan dalam waktu dekat di lokasi tersebut akan dibangun pasar rempah-rempah.

“Sudah ada sosialisasi satu bulan sebelumnya, dan sisa beberapa pelaku usaha yang masih bertahan sehingga kami mengambil langkah tegas untuk mengakut barangnya keluar,” tegas Fandi.

Dalam pembongkaran itu instansi yang terlibat diantarnya, Satpol pp 112 orang,  Polres Ternate 20 orang, TNI 15 orang, ada juga dari dinas pemadam kebakaran 25 orang. Warga yang masih bertahan di lokasi saat pembongkaran tidak melakukan perlawanan terhadap Satpol PP. Operasi tersebut berlangsung hingga pukul 12.00 WIT tanpa menggunakan alat berat.

“Selama pembongkaran tidak ada perlawanan dari masyarakat, namun terkendala adalah menunggu hasil penetapan batas oleh disperkim” pungkas Fandi

Ketika di tanya soal relokasi para penghuni Fandi enggan menjawab.

“Berbicara relokasi bukan kewenangan sat pol pp, kami hanya sampai dipenertiban saja.” terang Fandi

Editor : Yakobus Eko