Menjadi Referensi Mendunia

Dinsos Pultab Mengusulkan Bantuan Tambahan Untuk Korban Paska Banjir

Indonesiaberita.com, TALIBU – Dinas Sosial Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), kembali mengusulkan bantuan beras tangap darurat untuk para korban pasca banjir yang melanda di Kecamatan Taliabu Barat (Talbar), Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Sebelumnya bantuan yang telah di berikan antara lain berupa alat masak, peralatan bayi, perlatan rumah tangga, tas sekolah, pakaian dewasa dan Terpal.

Keterangan ini disampaikan, melalui PLT Kepala Bidang – Rehapbilitas Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Ediyarman La Embi, SP, di ruangan kerjanya Kepada Indonesia Berita, Senin (23/7/2018) pagi.

Ediyarman, mengungkapkan setelah bantuan yang diberikan Dinas Sosial Pultab pada korban banjir beberapa waktu lalu, kini Dinsos kembali mengusulkan bantuan beras tangap darurat untuk korban pasca banjir.

“Bantuan tangap darurat berdasarkan informasi data yang di rampungkan oleh BPBD Pultab yang kemudian dimasukan di Dinsos sehingga menjadi data untuk diusulkan bantuan.” ungkapnya.

Kabid itu memaparkan berdasarkan laporan data korban kepala keluarga (KK) dan Jumlah Jiwa di Kecamatan Talbar, ini diantaranya, (Desa Wayo) Dusun Tikomia, sebanyak 24 KK, 94 jiwa. (Desa Bobong) Dusun Salenga dan Dusun Fangahu) sebanyak 54 KK, 213 Jiwa, (Desa Ratahaya) sebanyak 14 KK, 57 Jiwa, (Desa Bobong) Dusun Sangaji, Badadi, una bua) berjumlah 437 jiwa.
(Desa Kilong) Dusun Air Minggu, berjumlah 52 KK, 143 Jiwa.

“Total jumlah korban secara keseluruhan, 293 Kepala Keluarga dan 997 jiwa, Berdasarkan total jiwa jika di pakai rumus pengusulan bantuan, maka beras yang dibutuhkan kurang lebih sebanyak 5.583.2 kg.” paparnya.

Edi sapaan akrap kabid, menuturkan, bantuan tangap darurat diperuntukan bagi korban yang berada diposko pengungsian, namun dikarenakan para korban banjir telah kembali kerumah maka bantuan nantinya langsung di antarkan ke rumah korban masing- masing sesuai dengan data yang diusulkan.

“Bantuan akan langsung diantarkan ke rumah para korban masing-masing.” tuturnya.

Selanjutnya Edi berharap, semoga kedepan kinerja Dinsos dapat lebih cepat dalam hal penanganan bantuan kepada korban banjir dikarenakan lebih efektif bila para korban langsung bisa di penuhi kebutuhan di saat bencana terjadi.

“Kami sudah bekerja sesuai dengan tupoksi dimana untuk memenuhi kebutuhan korban pasca bencana, diantaranya papan, sandang dan pangan” tutup kabid yang murah senyum itu.

Editor   : YE

Komentar
Loading...