Menjadi Referensi Mendunia

Bantuan Untuk Petani Jagung dan Padi di Pulau Taliabu, Berikut Keteranganya !

Indonesiaberita.com, TALIABU – Tim Satuan Kerja Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara (Malut) saat ini melakukan verifikasi data Kelompok-Kelompok Tani yang berada di Kabupaten Pulau Taliabu guna mencari calon petani (CP) dan calon lahan (CH) untuk disalurkan bantuan pertanian oleh Dinas Pertanian Provinsi Malut.

Proses Verifikasi tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Pultab, Jalan Kramat, Kota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu, Malut.

Bantuan tani tersebut berupa bibit dan pupuk yang akan dialokasikan kepada sejumlah Kelompok Tani yang tersebar di Kabupaten Pultab. Hal ini disampaikan Dinas Pertanian Pultab melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Hotikultura (TPH), Masudin La Maibambu, kepada Indonesia Berita saat dikonfirmasi diruang kerjanya. Rabu (25/7/2018) Pukul 13 : 00 wit.

Masudin menambahkan bantuan yang bakal disalurkan Kepada kelompok tani berupa bibit jagung dan padi, namun untuk bantuan pupuknya sendiri akan diuangkan dan di transfer ke rekening kelompok masing – masing.

“Nantinya Kelompok tani bakal mendapatkan bibit jagung dan padi, namun untuk bantuan pupuk akan di terima dalam bentuk uang.”  jelasnya.

Kabid itu menyebutkan, kelompok tani yang bakal menerima bantuan sekitar 125 kelompok tani jagung dan 15 kelompok Tani Padi Ladang berdasarkan data sementara yang ada di Dinas Pertanian Pultab.

“Kelompok tani yang bakal menerima bantuan sekitar 125 kelompok tani jagung dan 15 kelompok Tani Padi Ladang.” ungkap Masudin.

Lanjutnya, Pihak Dinas Pertanian Pultab sendiri akan mendampingi para petani untuk pengembangan pertanian di kelompok – kelompok Tani tersebut.

“Tugas kami (Dinas Pertanian Pultab – red) dalam penyaluran bantuan ini hanya mendampingi, sehingga saya berharap kepada kelompok tani agar nantinya bantuan ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk pengembangan pertaniannya.” harapnya.

Terpisah, Hal yang sama juga disampaikan oleh Staf Dinas Pertanian Provinsi Malut, Taslim M. Syarif, yang juga tergabung dalam Tim Satker untuk Verifikasi data kelompok Tani di Pultab.

Disampaikannya, tujuan dari Verivikasi yaitu untuk mengumpulkan data para kelompok tani yang nantinya akan disalurkan bantuan untuk pengembangan pertaniannya.

Dalam pengambilan data, lanjut Taslim, dilakukan oleh mitra kerja Dinas Pertanian Pemprov yakni Perwakilan Pihak Bank Negara Indonesia (BNI), ini bertujuan untuk dibuatkannya rekening kelompok Tani sehingga bantuan (Uang,red) nantinya bisa di Transfer secara langsung kepada rekening kelompok petani.

Suasana proses verifikasi oleh pihak Bank BNI kepada sejumlah Kelompok Tani

Untuk proses pendataan sendiri baru dimulai hari ini berdasarkan kelompok Tani di tiap kecamatan dan akan berlangsung sampai semua kelompok tani telah di data.

“Jadi setiap perwakilan kelompok Tani datang ke Kantor Dinas Pertanian Pultab untuk mengisi beberapa formulir agar melengkapi pendataan kelompok Tani-nya” ungkap staf itu.

Agar lebih mudah, Tambah Taslim, Pendataanya berdasarkan kecamatan dulu, sehingga bisa mempermudah dalam pendataan ini dikarenakan jumlah kelompok yang tergolong lumayan banyak.

“Mungkin proses pendataannya bisa memakan beberapa hari, sehingga kelompok tani yang belum datang bisa sesegera mungkin datang untuk melakukan pendataan” tukasnya.

Editor : YE

Komentar
Loading...