Menjadi Referensi Mendunia

Peduli Pelaku UKM dan IKM, Organisasi UKM IKM Nusantara akan Gelar Expo

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Kabar gembira menghampiri para pelaku dan penggiat Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM) yang kesulitan mengembangkan atau memasarkan produk usahanya.

Solusi bagi para pelaku UKM dan IKM yang menghadapi kesulitan dalam mengembangkan atau memasarkan produk usaha adalah mengikuti kegiatan EXPO UKM NUSANTARA yang digelar oleh organisasi UKM IKM Nusantara.

Dengan mengikuti expo, para pelaku UKM yang menghadapi kesulitan dalam mengembangkan usaha atau memasarkan produk usaha dapat meningkatkan nilai produktivitas pelaku UKM.

“Para pelaku dapat berkonsultasi mengenai masalah yang dihadapi, pelaku UKM IKM berpeluang mendapatkan bantuan permodalan dan pelaku UKM IKM mendapatkan bantuan pemasaran produk usaha oleh UKM IKM Nusantara,” ujar Ketua Umum UKM IKM Nusantara, Chandra Manggih Rahayu saat ditemui pewarta Indonesia Berita di kantornya.

Perlu diketahui bahwa UKM IKM Nusantara merupakan sebuah organisasi perkumpulan para pelaku dan penggiat Usaha Kecil Menengah  (UKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia. UKM IKM Nusantara juga sebagai wadah untuk memperjuangkan aspirasi ekonomi para pelaku UKM dan IKM di Indonesia.

Melalui expo, panitia berkomitmen untuk memberikan event yang produktif dan edukatif demi kemajuan dan peningkatan pelaku usaha UKM serta IKM di seluruh Indonesia.

Terdapat beberapa tujuan dalam penyelenggaraan expo ini, diantaranya meningkatkan minat jiwa wirausaha pelaku UKM IKM, pembuktian pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dan wujud kerja nyata organisasi UKM IKM Nusantara.

Baca Juga :

Kegiatan expo akan diselenggarakan selama dua hari. Kegiatan dilaksanakan pada 4-5 Agustus 2018. Kegiatan expo berlokasi di Halaman Tugu Api, Gedung Sasono Utomo dan Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah.

Terdapat beberapa agenda acara dalam kegiatan expo, diantaranya seminar dan workshop, booth dan bazar, perlombaan anak dan dewasa, pemberian penghargaan  serta demo pembuatan bermacam produk kreatif yang imajinatif dari pelaku UKM dan IKM binaan UKM IKM Nusantara.

Dalam agenda seminar, acara akan diisi oleh beberapa pembicara yang berkompeten dalam bidang kewirausahaan.

Tak hanya itu, expo juga akan disemarakkan dengan berbagai perlombaan, seperti lomba menggambar untuk anak-anak, lomba menghias tumpeng dan lomba fotografi.

Yang tak kalah menariknya, dalam kegiatan expo juga menampilkan demo pembuatan bermacam produk kreatif yang imajinatif dari pelaku UKM dan IKM binaan UKM IKM Nusantara.

Panitia expo membuka 500 booth untuk menampilkan produk-produk unggulan para pelaku dan penggiat UKM serta IKM dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, pengunjung dapat langsung masuk ke booth-booth yang telah disediakan oleh panitia dan belajar menjadi seorang wirausaha baru.

Panitia expo juga akan memberikan penghargaan dan permodalan kepada pelaku usaha kaum difabel, pelaku usaha dari anak-anak yatim piatu dan pelaku usaha yang ada dibalik sel tahanan.

Kegiatan expo ini akan dihadiri lebih dari 500 peserta seminar, 1.500 pelaku UKM IKM dan 10.000 pengunjung masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya serta pengunjung Taman Mini Indonesia Indah.

Beberapa menteri juga dikabarkan turut hadir dalam kegiatan expo ini, diantaranya Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Eko Putro Sandjojo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, Menteri Sosial, Idrus Marham, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Bagi yang ingin mengikuti expo ini, tapi belum mendaftar, tidak perlu khawatir. Pendaftaran masih terus dibuka hingga menjelang hari H berlangsungnya acara. Cara mendaftarnya pun cukup mudah. Silakan daftarkan diri Anda dan usaha Anda sekarang juga melalui link https://ukmikmnusantara.com

Dengan mengusung Tema “Merajut Nusantara Membangun Indonesia”, kegiatan expo ini diharapkan membuat masyarakat Indonesia dapat hidup mandiri dan punya jiwa enterpreneurship yang tinggi dan pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mewujudkan itu semua bersinergis dengan organisasi UKM IKM Nusantara dalam wujud kerja nyata.

“Pelaku  usaha di Indonesia, khususnya pelaku usaha anggota UKM IKM Nusantara dapat terbantukan di dalam masalah pelatihan usaha, manajemen , pemasaran, pemodalan hingga sampai ke tingkat ekspor”,harap Ketua Panita EXPO UKM NUSANTARA, Natanael Dony P Utomo saat dihubungi oleh pewarta Indonesia Berita melalui fitur chat pada aplikasi perpesanan Whatsapp (25/7/2018).

Editor : YE

Komentar
Loading...