Menjadi Referensi Mendunia

MAPAN: SBY Bagi-Bagi Hutan Untuk Pengusaha, Jokowi Bagi-Bagi Hutan Untuk Rakyat

Indonesiaberita.com, BEKASI – Masyarakat Peduli Pangan (MAPAN) terus membuktikan komitmennya dalam mengawal program Perhutanan Sosial pemerintahan Jokowi – JK.

Menggandeng Sekretariat Bersama Perhutanan Sosial Jawa (Sekber), MAPAN kian gencar melakukan sosialisasi dan pengajuan Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) di Pulau Jawa. Agenda serupa terkonfirmasi telah digelar di Bekasi, Kamis (26/7) lalu.

Ketua Umum MAPAN Wignyo Prasetyo menyampaikan, pihaknya akan terus mengawal dan terlibat langsung dalam menuntaskan program Perhutanan Sosial. Menurutnya, program Perhutanan Sosial yang dicanangkan oleh pemerintah Jokowi adalah program yang sangat berpihak kepada rakyat. Sangat jauh berbeda dengan program di era SBY.

“Beda zaman SBY dengan Jokowi. Zaman SBY 2,2 juta hektar lahan “dibagi-bagi” ke pelaku bisnis. Begitu menurut hasil penelitian Greenomics. Jaman Jokowi sejak program Perhutanan Sosial dicanangkan tahun 2016, ratusan ribu hektar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Masyarakat mendapatkan ijin pemanfaatannya,” paparnya, Jum’at (27/7/2018).

Wignyo melanjutkan, saat ini para petani yang tergabung dalam Sekber Perhutanan Sosial Jawa saja sudah memperoleh ijin pemanfaatan lebih dari 30 ribu hektar, belum termasuk kelompok lain.

IMTSI Sidebar

Sementara itu Ketua MAPAN Jawa Barat Cakraya membenarkan, agenda sosialisasi Perhutanan Sosial di Bekasi adalah bagian dari rencana strategis MAPAN dalam menuntaskan Perhutanan Sosial khususnya di Jawa Barat.

“Memang betul saat ini MAPAN Jawa Barat bersama Sekber Jawa Barat sedang sosialisasi dan pengajuan ijin Perhutanan Sosial di kabupaten Bekasi, Karawang, Bogor dan Bandung,” terangnya.

Cakraya melanjutkan, sejauh ini Sekber Jawa Barat  telah menugaskan anggotanya untuk sosialisasi di beberapa kabupaten diantaranya Endar Suhendar, Agustiana Nugraha, Roni Usman, Tedy termasuk dia sendiri.

“Saya sendiri tugas di Bekasi dan Kerawang,” tutup Carkayayang juga bagian dari Sekretariat Bersama Perhutanan Sosial Jawa Barat.

Editor : YE

Komentar
Loading...