Menjadi Referensi Mendunia

Terkumpul Rp 600 Miliar, Menara MUI Dibangun 20 Lantai

Indonesiaberita com, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia menorehkan sejarah dengan membangun Menara MUI di hamparan lahan seluas 18 hektar di bilangan Jalan Hankam, Cipayung, Jakarta Timur. Sejarah ini ditandai dengan hadirnya Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam Tasyakuran Milad MUI ke-43 sekaligus peletakan batu pertama Menara MUI.

Ketua panitia Tasyakuran Milad MUI ke-43 Lukmanul Hakim mengatakan, nilai bangunan Menara MUI seluas 15 ribu meter persegi mencapai Rp.600 miliar dan ditargetkan lunas dibeli dalam lima tahun.

“Per tahun perlu pengumpulan dana Rp.120 miliar, per bulan Rp.10 miliar. Sampai sehari sebelum peletakan batu pertama, Alhamdulillah sudah ada komitmen sumbangan dari lima pihak masing-masing Rp.1 miliar,” ujar Lukmanul jelang peletakan batu pertama Menara MUI yang bersamaan dengan Tasyakuran MUI ke-43, Kamis (26/07).

Dikatakan Lukmanul, gedung terdiri 20 lantai. Tiga lantai paling bawah tersambung dengan dua tower sebelah menara MUI yaitu Safa Tower dan Marwa Tower sebagai area bisnis produk halal, kuliner halal, bisnis syariah dan
fashion Islami. Perkantoran yang akan dipakai sebanyak 4-5 lantai. Dua belas lantai sisanya akan disewakan untuk perkantoran.

“Pembangunan gedung dilakukan investor. Seratus persen dana pembangunan sudah siap. MUI membeli Menara ini dengan dana yang berasal dari wakaf, infak, sedekah dan skema reksadana syariah,” ujar Lukmanul Hakim yang juga Ketua MUI Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat.

“Pembangunan ditargetkan selesai sebelum Munas MUI 2020. Insya Allah pada Munas MUI nanti sudah bisa dilaksanakan di Menara MUI,” sambungnya.

Ia menambahkan sumber dana pembangunan Menara MUI akan dioptimalkan dari kekuatan ekonomi umat yang dikelola oleh Lembaga Wakaf MUI. “Ke depan, kantor MUI tidak lagi pinjam pakai dari Kementerian Agama melainkan menempati gedung sendiri secara mandiri,” tandas Lukmanul.

Menara MUI adalah gedung perkantoran modern yang dibangun dalam kawasan terintegrasi yang berada di bilangan Jalan Raya Hankam, Bambu Apus, Jakarta Timur.

“Menara MUI akan menjadi ikon utama kawasan niaga terpadu bernuansa Islami. Dalam membangun Menara MUI ini, MUI bekerjasama sama dengan PT Prima Jaringan, selaku kontraktor dan PT Asia Raya Kapital yang mengelola reksadana syariah.

Tampak hadir diantaranya Wakil Presiden RI ke-6 Tri Soetrisno, Kepala Staf Kepresidenan, Wantimpres, Ketua DPR, para tokoh bangsa dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja.

Editor : YE

Komentar
Loading...