Menjadi Referensi Mendunia

Unik, Pemandian Air Es di Pulau Taliabu.

Indonesiaberita.com, TALIABU – Satu lagi pesona wisata di Negeri “Hemungsia Sia Dufu”, tergolong sebagai tempat pemandian, air kali ini menawarkan keunikan tersendiri yang mungkin sangat jarang ditemui di tempat lain di daerah – daerah khususnya di Provinsi Maluku utara.

Bagaimana tidak, air kali yang satu ini di namakan Pemandian Air Es Tabona. Penamaan Air Es sendiri bukanlah sebagai pencari sensasi semata namun pemandian air ini sunguh menyuguhkan air dengan tingkat suhu yang dingin.

Suhu dingin ini tidak seperti yang terdapat di air kali pada umumnya, sehingga inilah asal mula penamaan Pemandian Air Es Tabona.

Pemandian unik ini sendiri berada di Desa Tabona, Kecamatan Tabona, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab). Sabtu (28/7/2018).

Terletak tidak jauh dari pemukiman warga, Pemandian Air Es ini selalu menjadi primadona warga yang bermukim di Kecamatan Tabona, namun dikarenakan suhu air yang terlalu dingin masyarakat setempat hanya berkunjung di waktu – waktu tertentu yaitu saat waktu menunjukan pada pukul 12.00 Wit siang hari.

Pemandian Air Es ini sebagai tempat pilihan ideal warga untuk menyejukan diri saat panas terik matahari mulai menyengat, namun pastinya bukan hanya suhu dingin saja yang disuguhkan pemandian ini.

Air sebening kaca dan rimbunan pohon coklat dan pohon kelapa yang ditanam tertata rapi dapat memesonakan mata, membuat hati dan pikiran terasa damai walaupun berkeinginan untuk berlama – lama menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini, kita tidak akan sedikitpun merasakan jenuh bahkan terasa berat saat mau beranjak pulang.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Indonesia Berita, Pemandian yang belum terekspos secara luas ini merupakan tempat yang sebelumnya pernah dikunjungi pejabat-pejabat daerah saat melakukan tugas atau kunjungan kerja di wilayah Tabona, bahkan sala satunya termasuk Gubernur Malut pun pernah menikmati dinginnya Air Es ini saat masa cutinya untuk berkampanye di wilayah Tabona.

Terlepas dari binar-binar keunikannya pemandian Air Es Tabona, terasa sangat disayangkan karena sampai saat ini belum ada perhatian serius dari Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah untuk pengembangan wisata cantik ini sehingga menjadikan wisata kebanggaan warga Tabona ini jarang terekspos.

Ditambah lagi jarak yang jauh dari Ibu Kota Kabupaten (Bobong) menambah rentetan problem tempat yang bak surga ini jarang dikunjungi wisatawan dalam daerah maupun dari luar daerah.

Editor : YE

Komentar
Loading...