Menjadi Referensi Mendunia

Anak Muda Harapan Perubahan, Bisakah ?

Indonesiaberita.com, TALIABU – Hadir dari sebuah panggilan hati, seorang pemuda pedesaan yang memberanikan diri untuk bersuara lantang dimana berinsiatif memperjuangkan hak – hak rakyat yang dirasakan selama ini masih jauh dari bayangan kesejahteraan.

Tidak hanya itu, sebuah bentuk keprihatinan terhadap citra kepemudaan khususnya di pedesaan yang seharusnya lebih aktif berkontribusi dalam pembangunan desa maupun daerah.

Dinilai minimnya kepercayaan terhadap pemuda oleh Pemerintah Desa dan kecendrungan para orang tua dalam menempati jabatan – jabatan di Perangkat desa menjadikan pemuda desa semakin tersudut dan sulit untuk berkontribusi.

Beranjak dari dinamika wacana repot pedesaan, terbentuklah sebuah niat besar itu untuk mengkumandangkan kesejahteraan di tanah kelahiranya.

Niat besar itu bakal tersalurkan lewat terjun langsung dalam ajang kontestasi Pemilihan legislatif (Pileg) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) 2019.

Pria muda itu bernama Riki Yakub Ode Antea, SH atau sering disapa dengan Choki Tabona, dialah sosok Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) termuda dari beberapa caleg asal Desa Tabona.

Diusung dari Partai Gerakan Perubahan Indonesia (GARUDA) di Dapil l, Choki Tabona yang di dukung sebagian besar pemuda – pemudi di desa menambah semangat juangnya.

Suasana sejumlah pemuda Tabona di kedai Tawaka. Foto : Andy

Di forum kecil ini bersama sejumlah pemuda Tabona di kedai Tawaka, Kota Bobong, Talbar, Pultab, Malut, Senin (30/07/2018), Choki bercerita, termotivasi dari kata Presiden Pertama Indonesia, Bung karno ” Berikanlah aku seratus orang tua untuk aku pindahkan gunung himalaya dan berikan aku sepulah pemuda maka akan kuguncang dunia”.

“Bung Karno, percaya kepada pemuda untuk membesarkan negeri ini dan disegani Negara lain, namun hanya pada pemuda yang memilik sikap patriot dan nasionalisme yang seperti diharapkannya.” ungkapnya dengan lantang.

Menurutnya, walau dirinya tergolong muda diantara para seniornya yang bakal maju Pada Pileg 2019.

“Tidak sedikitpun mengucilkan niat besarnya dalam berkarya lewat ajang politik yang tujuannya bekerja bersama rakyat untuk kemajuan di tanah kelahiranya.” tegas Choki.

Di dukung kepemudaan di beberapa desa terhadapnya merupakan motivasi terbesar, karna diyakini sebuah kepercayaan adalah bentuk penilaian orang lain terhadap dirinya yang mampu memegang tanggung jawap sebagai pembawa aspirasi rakyat.

Bermodalkan pengalaman sebagai Anggota Panwaslu Kecamatan Tabona, Pultab, dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi maluku utara 2018, dan Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Hukum Umu Luwuk, Periode 2013-2014. Semakin memantapkan Riki Yakub Ode Antea, SH berkicah dalam dunia perpolitikan.

Editor    : YE

Komentar
Loading...