Menjadi Referensi Mendunia

BPBD Pultab Rehabilitas Saluran Drainase Kota Bobong

Indonesiaberita.com, TALIABU –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), mulai melaksanakan penangulangan pasca bencana yang di akibatkan oleh banjir yang belum lama ini melanda Kota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pultab Maluku Utara (Malut).

Hal ini disampaikan oleh, Kepala Badan Penangulangan Bencana Kedaruratan (BPBD) Pultab, Sutomo Teapon, S,Stp. Mengatakan, tugas BPBD selain sebagai penangulangan saat bencana terjadi juga memiliki tugas sebagai penangulangan pasca bencana.

“Ini merupakan tugas pada fase pasca bencana atau biasa disebut dengan Rehabilitas yang bertujuan mendorong kawasan pemulihan terdampak bencana dengan sasaran meningkatnya pemulihan pasca bencana di Pulau Taliabu.”  ungkap Kaban Sutomo Teapon kepada Indonesia Berita. Selasa, (31/7/2018)

Sutomo, menambahkan, untuk pemulihan sementara di fokuskan wilayah kecamatan Taliabu Barat yakni pembersihan drainase dari pasir yang telah menumpuk di sepanjang saluran drainase Kota Bobong.

“Akibat banjir yang terjadi belum lama ini membuat material pasir memenuhi drainase dan harus segera di bersihkan agar sistem drainase bisa berjalan dengan baik.” bebernya.

Selanjutnya Sutomo berharap semoga dengan pembersihan saluran drainase, di beberapa titik yang sering tergenang karna hujan bisa menjadi solusi sementara sembari menunggu kebijkan lanjutan untuk menangani problem banjir yang sering terjadi di Kota Bobong.

Berdasarkan pantauan Indonesia Berita di lokasi, saluran drainase mulai bersih dan pada wilayah tertentu yang tergenang air di pantau mulai surut, sala satunya dihalaman sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Bobong.

Dalam kegiatan pembersihan drainase juga turut hadir TNI POLRI serta Masyarakat dan Siswa dari SMA N 1 Bobong untuk turut memberikan bantuan.

Editor  : YE

Komentar
Loading...