Menjadi Referensi Mendunia

Tinggalkan Latihan, Atlet Nonton Bareng Bersama Menpora

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Agustus adalah bulan spesial bagi olahraga Indonesia. Pasalnya, di bulan ini bakal diselenggarakan Asian Games, pesta olahraga terbesar se-Asia. Atlet-atlet yang bakal bertanding sudah berlatih sejak lama. Berbagai kejuaraan di dalam maupun luar negeri telah mereka ikuti untuk meningkatkan kemampuan. Namun untuk menjadi juara tidak hanya kondisi fisik saja yang mesti disiapkan, tetapi juga diperlukan mental dan kondisi psikologis yang baik.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berinisiatif untuk memantapkan kondisi psikologis para atlet. Ia mengajak 46 atlet yang terdiri dari 37 atlet bola voli putra maupun putri, 5 atlet jiujitsu, dan 4 atlet senam nomor trampolin nonton film bareng di Mal Pacific Place.

“Setiap kita butuh refreshing (santai) sejenak, khususnya bagi atlet yang kesehariannya sudah diisi dengan latihan dan berbagai uji tanding. Setelah ikhtiar secara lahiriah melalui latihan keras telah kita lakukan, begitu pula dengan berbagai uji coba pertandingan telah kita lalui, maka upaya itu juga harus disertai dengan ikhtiar batiniah yang mampu membuat atlet merasa senang dan tetap bahagia,” kata Menpora setelah keluar dari ruangan bioskop.

Hal itu juga diakui oleh Ilma Yeni Megawati, atlet Jiujitsu yang ikut menonton bareng Menpora. Ilma yang baru saja meraih medali emas pada Kejuaraan Jiujitsu Dunia di Tokyo, Jepang pada 30 Juli 2018 ini mengatakan, “Target saya meraih emas (di Asian Games 2018), untuk itu saya butuh dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia,” ucap perempuan yang bakal turun di nomor 62kg putri ini.

Selain mengajak para atlet ke bioskop, bentuk dukungan Menpora lainnya yakni dengan mengundang mereka ke kediamannya di Widya Chandra. Di sana, Menpora menyajikan masakan ala rumah. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan suasana “rumah-an” kepada para atlet. Menpora bersama para atlet menyantap hidangan sambil duduk lesehan. Sesekali terlihat senyum sumringah keluar dari suasana yang begitu cair karena gelak tawa.

“Kegiatan seperti ini sangat baik dalam rangka meningkatkan kerja sama kita sebagai sebuah tim,” kata Samsul Jais, pelatih Timnas Bola Voli Indonesia di bus dalam perjalanan dari Mal menuju kediaman Menpora.

Di dalam bus, Menpora juga menyempatkan diri menghibur para atlet. Dengan gaya khas pemandu wisata, Menpora bicara banyak tentang suka duka menjadi menteri, hingga optimisme sebagai tuan rumah.

Sesampainya di kediaman, atlet-atlet dari cabang olahraga lain sudah menunggu. Ada perwakilan dari Timnas Bisbol, Boling, dan Basket 3×3. Mereka segera bergabung untuk menyantap masakan rumah ala Menpora.

Energi positif dari Imam Nahrawi dalam rangka memantapkan kondisi psikologis para atlet terus disebarluaskan kepada atlet. “Kini atlet-atlet kita butuh dukungan sebanyak-banyaknya dari masyarakat, jika kondisi fisik dan strategi untuk bertanding sudah matang menjelang pertadingan, maka kini dukungan moral dari seluruh rakyat Indonesia sangat dibutuhkan agar para atlet mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara,” tutup Menpora.

Editor : RA

Komentar
Loading...