Menjadi Referensi Mendunia

Ketua BM PAN : Resmi Dipecat Dari Partai, Tiga Legislator Mubar Masih Aktif di DPRD

Indonesiaberita.com, KENDARI – Ketua Barisan Muda (BM) Partai Amanat Nasional Muna Barat (PAN Mubar), Halimin memberikan tanggapan terkait tiga anggota DPRD Mubar yang telah resmi dipecat dari PAN, namun sampai hari ini ketiga legislator tersebut masih aktif berkantor di DPRD Mubar, Kamis (2/8/2018).

Halimin mengatkan bahwa, ketiga legislator tersebut sudah resmi dipecat dari keanggotaan PAN Mubar sesuai surat keptusan Dewan Pimpinan Pusat (SK) yang tertuang dalam Surat Keputusan No:PAN//A/Kpts/KU-SJ/100/VII/2018 tentang pemberhetian tetap sebagai anggota partai amanat nasional pada tanggal 27 Juli 2018.

“Ketiga legislator tersebut adalah Munarti SPD sebagai Ketua DPRD Mubar, Amiludin ST, dan Drs H Samad, mereka secara resmi dipecat sebagai kader partai PAN Mubar, serta DPD PAN Mubar juga mengusulkan  pencabutan Kartu Tanda Anggota,.” ungkap Halimin.

Halimin yang biasa disapa Asep mengungkapkan, berdasarkan informasi ketiga legislator tersebut akan maju di Pileg 2019 nanti dengan melalui parpol lain yakni Partai Nasdem, namun anehnya sampai sekarang belum ada surat pengunduran diri resmi dari mereka.

“Sebagai elit politik. ketiga mantan kader PAN tersebut harus menghargai proses partai. Jangan merusak proses demokrasi. Sekaligus menjaga harkat martbat sebagai tokoh politik,” kata Halimin

Terakhir Halimin menambahkan, terhitung sejak tanggal di tetapkan keputusan saudara Munarti SPD, Amiludin ST,  dan Drs H Samad A, di nyatakan DPP PAN di cabut kedudukan hak dan statusnya sebagai anggota PAN,  di bebaskan dari tugas kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai anggota PAN, di berhentikan dari seluruh jabatan dan organisasi.

“Baik di dalam PAN maupun jabatan di luar partai yang ada kaitannya dengan PAN, di tarik dari posisinya sebagai angota DPRD Mubar provinsi Sultra hasil Pemilu legislatif 2014. Dilarang melakukan aktivitas untuk dan atas nama PAN dan seluruh organisasi otonom serta organisasi mitra PAN.” tutupnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPD PAN Mubar, Yamin menambahkan sebagai salah satu pengurs PAB Mubar bahwa 3 anggota DPRD tersebut tidak memiliki itikad baik layaknya sebagai tokoh  atau elit politik dalam berdemokrasi.

“Faktanya surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD sudah mereka masukan di KPU Mubar namun mash menjalankan aktifitasnya sebagi anggota DPRD Mubar.” tambah Yamin.

Yamin menegaskan hal ini sangat ironis yang hars di sanksi atas sikap  tidak konsisten mereka. Kemudian surat pengunduran diri merka tersebut juga tidak di tandatangani oleh Ketua ataupun pengurus PAN, bisa di katakan bahwa berkas mereka atas pencalonan di partai Nasdem di duga kuat cacat hukum dan memalsukan data.

“Terakhir jika mengacu UU MD3, seharusnya ketiga legislator tersebut berhak  diganti dalam mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW), secepatnya kami selaku pengurus Partai PAN Mubar akan segra laporkan hal ini ke dewan agar segra ditindak lanjuti.” pungkasnya.

Editor : YE

Komentar
Loading...