Indonesiaberita.com, JAKARTA – Setelah mobil karya anak bangsa AMMDes dipublis, pemerintah melalui Kementerian Pertanian bersama PT. Chareon Pokphand Indonesia kembali luncurkan mobil pengering jagung yang juga karya anak bangsa.

Diharapkan karya ini dapat menjadi solusi dari masalah pasca panen yang dihadapi oleh para petani jagung di seluruh Indonesia dalam mengirim hasil produksi jagung ke pabrik.

“Mobil pengering jagung ini adalah sejarah bagi pertanian Indonesia. Ini adalah rekayasa anak bangsa, tidak diimpor tetapi didesain ulang” ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam sambutan pada pelepasan perdana “Mobile Corn Drier” di Gedung Pusat Informasi Agribisnis Kementan, Jakarta, Jumat (3/8).

Amran melanjutkan, dengan mobil tersebut hasil panen para petani dapat langsung dijemput di sentra-sentra produksi jagung di berbagai daerah. Sehingga biaya transportasi dan kontaminasi hasil panen dapat diminimalisir.

Mentan berharap, dengan adanya strategi “jemput bola” tersebut dapat memperbaiki harga dikalangan petani sehingga tingkat kesejahteraan mereka juga dapat meningkat.

Di lokasi yang sama, Presiden Komisaris PT. Charoen Pokphand Indonesia Hadi Gunawan Tjoe mengatakan, mobil pengering jagung ini merupakan prototipe kedua sebagai lanjutan dari prototipe pertama pada April 2018.

“Unit mobil ini rencananya akan diuji coba di pabrik Chareon Pokphand Indonesia, Lampung. Bekerja sama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan,” terang Hadi Gunawan.

Editor : YE