Menjadi Referensi Mendunia

Strategi Berburu Pasangan Via Aplikasi Kencan Online

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, secara perlahan mulai menyederhanakan berbagai aktifitas manusia dalam pemenuhan kebutuhan. Demikian pula dalam hal mencari pasangan.

Banyaknya aplikasi kencan online yang bermunculan di dunia maya, telah mempermudah urusan pilah-pilih pasangan. Modus penggunaannya pun tergolong variatif. Mulai dari iseng hingga serius mencari cinta dengan cara dan konteks yang berbeda.

Keberadaan dan penggunaan aplikasi ini tidak dapat disalahkan secara sepihak. Akan tetapi, interaksi di dunia maya sebaiknya didasari pemahaman adanya batasan-batasan agar terhindar dari risiko kejahatan siber.

Disampaikan oleh Koordinator Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japeledi) Novi Kurnia, idealnya setiap orang yang berinteraksi melalui dunia maya termasuk aplikasi kencan online harus memiliki kemampuan literasi yang memadai.

“Kemampuan literasi dibutuhakan agar kemungkinan terjadinya kejahanatan digital dapat diminimalisir,” ungkap Novi.

Inilah strategi yang aman anda gunakan dalam berburu pasang via aplikasi kencan online.

1. Pahami tujuan

Memahami tujuan penggunaan aplikasi ini sebagai sarana menjalin hubungan cinta ataupun fisik dengan orang lain, sangatlah penting bagi para pengguna. Sebab tidak jarang hubungan yang dibangun melalui aplikasi online dapat berlanjut hingga ke dunia nyata.

2. Dewasa

Disarankan, bagi yang ingin menggunakan aplikasi seperti ini idealnya minimal 18 tahun atau sesuai batasan usia yang disyaratkan dalam aplikasi.

3. Pelajari syarat dan ketentuan

Untuk menentukan informasi apa saja yang aman untuk dicantumkan oleh pengguna aplikasi dalam profilnya, maka penting untuk membaca dan mempelajari syarat dan ketentuan dari aplikasi yang akan digunakan.

4. Memilih aplikasi yang cocok

Pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan anda. Untuk itu, bacalah dengan seksama syarat dari aplikasi yang akan digunakan.

Anda juga dapat terbantu dengan membaca penilaian orang lain terhadap aplikasi tersebut.

5. Selektif dalam mencantumkan data pribadi

Sebaikanya anda mencantumkan data pribadi yang sifatnya umum saja. Bisa juga dengan sekedar menggunakan nama panggilan atau nama kecil.

Hati-hati mencantumkan tanggal lahir, alamat rumah, tempat kerja atau hal-hal yang biasanya digunakan sebagai kata kunci keamanan berbagai layanan perbankan. Dikhawatirkan akan terjadi kejahatan dengan memanfaatkan identitas yang anda bagikan.

6. Topik percakapan

Batasi topik percakapan anda pada pembahasan yang bersifat umum untuk komunikasi yang terbilang baru. Hindari obrolan yang bersifat privat. Misalnya, harta pribadi, keluarga, penyakit yang diderita dan sebagainya.

7. Etika komunikasi

Berkomunikasi dengan cara yang wajar dan umum merupakan langkah antisipasi terhadap kejahatan ‘predator seks’ yang juga kerap menggunakan aplikasi sejenis. Gunakanlah bahasan yang sopan dan beretika, tidak berkata kasar apalagi genit.

8. Bertemu di tempat umum

Lakukanlah pertemua perdana di tempat umum. Pilihlah waktu yang tepat, misalnya dibatasi hinggal pukul 21.00. Pada jam itu, masih banyak orang beraktifitas.

Terakhir, mengajak teman atau saudara juga disarankan jika belum yakin untuk bertemu seorang diri.

Editor : YE

Komentar
Loading...